AAD 2024: Paramount tampilkan kendaraan tempur serbaguna tahan ranjau Mbombe 8, sudah diekspor ke tiga negara

Mbombe 8Paramount

AIRSPACE REVIEW – Salah satu perusahaan pertahanan tuan rumah dari Afrika Selatan, Paramount menampilkan kendaraan lapis baja Mbombe 8 di pameran pertahanan AAD 2024.

Panser kelas berat ini dirancang untuk memenuhi persyaratan operasional modern, menggabungkan mobilitas, perlindungan balistik, dan kemampuan beradaptasi dengan berbagai sistem persenjataan.

Sebagai kendaraan tempur (ranpur) serbaguna, Mbombe 8 dapat dikonfigurasi untuk berbagai misi, seperti transportasi pasukan, dukungan logistik, dan operasi pengintaian di medan tempur.

Konstruksinya memiliki lambung monokok, yang memberikan perlindungan yang ditingkatkan dan struktur yang kokoh.

Dengan berat sekitar 20 ton tanpa muatan, kendaraan ini memiliki kapasitas muatan 8.000 kg. Kendaraan menampung dua awak dan delapan prajurit.

Ranpur dengan penggerak 8X8 ini disokong oleh mesin diesel turbo enam silinder, mampu mencapai kecepatan maksimum 100 km/jam dan jangkauan operasi 700 km.

Kendaraan menawarkan perlindungan balistik tingkat tinggi, yang sesuai dengan standar STANAG 4569 Level 3. Tahan terhadap peluru 5,56 x 45 mm hingga 7,62 x 54R API.

Mengenai perlindungan terhadap ranjau, Mbombe 8 dapat menahan ledakan samping TNT seberat 50 kg dan 10 kg TNT di bawah badan kendaraan.

Untuk persenjataan, Mbombe 8 dapat dilengkapi dengan berbagai sistem, termasuk menara yang dioperasikan dari jarak jauh bersenjatakan kanon 57 mm.

Opsi tambahan termasuk sistem komunikasi, sistem manajemen medan perang, derek seberat 8 ton, dan sistem pencegah kebakaran untuk mesin dan kompartemen awak.

Keluarga Mbombe 8 telah digunakan oleh angkatan bersenjata negara-negara seperti Kazakhstan, Uni Emirat Arab, dan Azerbaijan, namun belum dioperasikan di dalam negeri. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *