PT Daya Radar Utama (DRU) kembali meluncurkan OPV kedua pesanan Kemhan RI untuk TNI AL, dinamai KRI Lukas Rumkorem-392

KRI Lukas Rumkorem-392PT DRU

AIRSPACE REVIEW – Berselang dua hari setelah peluncuran Offshore Patrol Vessel (OPV) pertama pada 18 September, PT Daya Radar Utama (DRU) kembali meluncurkan kapal kedua pesanan Kementerian Pertahanan RI untuk TNI Angkatan Laut pada hari ini (20/9).

Launching dan Ship-Naming kapal OPV ni dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Jumat (20/9) di fasilitas manufaktur galangan PT Daya Radar Utama, Lampung.

Kapal kedua ini resmi mendapatkan nomor lambung 392 dengan nama KRI Lukas Rumkorem-392 (KRI LRK-392).

Baik KRI Raja Haji Fisabilillah-391 dan KRI Lukas Rumkorem-392, dipersiapkan sebagai kapal kombatan maupun kapal patroli yang memiliki kecepatan tinggi dan mampu beroperasi diseluruh perairan yurisdiksi Indonesia. .

OPV ini ditenagai oleh empat mesin diesel yang mampu mendorong kapal hingga kecepatan maksimum sekitar 28 knot dan kecepatan jelajah 20 knot.

Kedua kapal ini akan dipersenjatai untuk menghadapi peperangan permukaan laut dan bawah air maupun peperangan udara.

Seperti diketahui pada tahun 2021, Kementerian Pertahanan RI memesan dua kapal OPV 90 untuk memperkuat kemampuan TNI AL dan memenuhi kekurangan dalam aset wahana patroli. (RBS)

One Reply to “PT Daya Radar Utama (DRU) kembali meluncurkan OPV kedua pesanan Kemhan RI untuk TNI AL, dinamai KRI Lukas Rumkorem-392”

  1. Makin banyak galangan kapal swasta dalam negeri seperti PT. DRU, akan semakin baik … Biar PT.PAL fokus pada pengembangan Kapal Selam dan Produksi Kapal Permukaan untuk Ekspor saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *