Rosoboronexport pamerkan produk-produk pertahanan dan keamanan unggulan Rusia di Africa Aerospace and Defence (AAD) 2024

Rosoboronexport pamerkan produk-produk andalan di AAD 2024 di Afrika SelatanROE

AIRSPACE REVIEW – Rosoboronexport JSC, bagian dari Rostec State Corporation, dari Rusia memamerkan produk-produk pertahanan dan keamanan andalan Rusia yang diminati di benua Afrika di pameran Africa Aerospace and Defence (AAD) 2024.

AAD diselenggarakan di Pangkalan Angkatan Udara Waterklof di Centurion, Pretoria, Afrika Selatan pada 18-22 September.

Rosoboronexport telah berhasil bekerja sama dengan lebih dari 40 negara di Afrika dan terus memperluas jejaknya di benua tersebut, termasuk melalui partisipasi aktif dalam berbagai pameran.

“Kami membantu mitra-mitra kami di kawasan tersebut untuk memperkuat kemampuan pertahanan dan kedaulatan mereka, serta menanggapi ancaman keamanan terkini yang terkait dengan kejahatan terorganisasi dan terorisme secara memadai,” kata Alexander Mikheev, Direktur Jenderal Rosoboronexport dalam siaran persnya.

Ia menambahkan bahwa proyek-proyek bersama dan transfer teknologi Rusia memberikan dorongan bagi pengembangan industri di negara-negara Afrika.

Di AAD 2024 Rosoboronexport menampilkan lebih dari 250 produk militer, penggunaan ganda, dan sipil. Sebagian besar barang pameran berhasil digunakan di medan perang dan sedang dimodernisasi untuk memenuhi realitas operasi tempur saat ini.

Kemampuan kendaraan lapis baja beroda Rusia untuk mengangkut unit mekanis, memberikan dukungan tembakan, serta mengevakuasi yang terluka dan memberikan pertolongan pertama merupakan salah satu fokus pameran Rosoboronexport.

Perusahaan juga memamerkan kendaraan Typhoon-K, ZA-SpN Titan, 3-STS Akhmat, Spartak, Tiger antiranjau (MRAP) serta kendaraan ambulans berpelindung Linza yang ditingkatkan. Kendaraan-kendaraan ini dirakit sepenuhnya dari komponen Rusia di bawah program substitusi impor.

Perusahaan menerangkan, konflik militer baru-baru ini menunjukkan perlunya perlindungan tambahan terhadap kendaraan lapis baja dari ancaman baru, yaitu UAV pengintaian dan serang.

Untuk pertama kalinya di benua Afrika, Rosoboronexport memamerkan sistem perlindungan kendaraan lapis baja yang canggih. Di antaranya adalah material penyerap radio Nakidka yang sangat mengurangi tanda termal dan radar pada perangkat keras, pelindung bilah tambahan, dan perlengkapan pelindung reaktif eksplosif (ERA) untuk tank dan kendaraan lapis baja ringan.

Untuk angkatan udara, perusahaan menawarkan pesawat angkut dan pesawat tempur, helikopter, serta jet latih Yak-130. Sistem persenjataan versi modern ini turut dipresentasikan di AAD 2024.

Di segmen UAV, Rosoboronexport menampilkan UAV pengintai/serang Orion-E, sistem UAV pengintai Orlan-10E dan Orlan-30, UAV S-350 Skat, dan amunisi loitering Kub-E.

Rosoboronexport juga menawarkan berbagai macam senjata ringan untuk melengkapi unit tentara, khusus, dan polisi, termasuk senapan serbu Kalashnikov seri AK-200, AK-15, AK-308, dan AK-19.

Pengunjung pameran juga dapat mencermati senapan runduk Chukavin dan Dragunov Rusia yang dilengkapi popor lipat, pistol MPL, PLK, MPL-1, Viking, dan senapan mesin ringan PPK-20.

Ada juga pistol tidak mematikan PB-4SP Osa, tameng antihuru-hara multifungsi, setrum, asap, aerosol, dan granat tangan yang menjengkelkan.

Bagi delegasi dari negara-negara Afrika yang memiliki akses ke laut, Rosoboronexport akan mendemonstrasikan kapal patroli Proyek 22160, Tipe BK-10, kapal serbu amfibi dan multiguna berkecepatan tinggi BK-16.

Selama program bisnis pameran, Rosoboronexport mengadakan pertemuan dan negosiasi dengan perwakilan dari semua angkatan bersenjata dan badan keamanan negara-negara Afrika.

Perusahaan juga menegaskan akan terus memperkuat hubungan dengan perusahaan pertahanan lokal untuk mengembangkan kemitraan industri di kawasan tersebut. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *