Diam-diam China telah menguji jet tempur siluman J-35 di atas kapal induk Liaoning

j-35 di kapal induk LiaoningIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Televisi Pusat China (CCTV) melaporkan China telah menguji J-35 di kapal induk pertamanya Liaoning pada awal tahun ini. Shenyang J-35 adalah jet tempur siluman generasi kelima yang dikembangkan China untuk beroprasi di kapal induk.

Zhang Naigang, anggota tim pendukung penerbangan di kapal induk Liaoning, menerbangkan pesawat baru tersebut selama pengujiannya.

Zhang, adalah pilot yang menerbangkan jet tempur J-15 pertama di kapal induk China pada 23 November 2012.

Merujuk pada laporan pengujian tersebut, para ahli sebagaimana dikutip Global Times menafsirkan bahwa jet tempur siluman berbasis di kapal induk itu akan segera beroperasi di Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyta (PLAN).

J-35 nantinya direncanakan akan mengisi kuatan tempur di kapal induk China, yakni Liaoning, Shandong, dan Fujian.

Pada Maret 2023, PLAN merilis video teaser mengenai J-35. Pesawat digambarkan mempu beroperasi di kapal induk seperti halnya F-35C milik Angkatan Laut Amerika Serikat.

Setahun kemudian pada Maret 2024, beredar penampakan J-35 yang diduga merupakan prototipe ketiga sedang mengudara. Foto-foto yang beredar di media sosial X memperlihatkan pesawat tersebut dari bawah.

Informasi menyebut, Shenyang J-35 akan melengkapi kapal induk PLAN Liaoning (Tipe 001), Shandong (Tipe 002), maupun serta kapal induk masa depan China yang dilengkapi dengan sistem peluncuran ketapel, yakni Fujian (Tipe 003).

Prototipe pertama J-35 (350001) terbang perdana pada Oktober 2021. Prototipe kedua J-35 (350003) terbang pada Juli 2022 dengan pengecatan taktis abu-abu visibilitas rendah.

Sementara prototipe ketiga J-35 disebut-sebut telah melaksanakan penerbangan perdananya pada September 2023.

Kemunculan J-35 telah lama dianggap terkait erat dengan kapal induk yang akan lepas landas dengan bantuan ketapel tetapi ditangkap pemulihan (CATOBAR) milik PLAN.

Kapal induk CATOBAR masa depan yang lebih mumpuni seperti Fujian dikabarkan akan memiliki wing udara yang mencakup J-35 dan versi CATOBAR dari J-15, serta pesawat dan drone lainnya. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *