Anduril Industries perkenalkan Barracuda AAV, lebih murah 30 persen dari rudal konvensional

Rudal BarracudaAnduril Industries

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan asal AS, Anduril Industries, telah memperkenalkan keluarga Barracuda, yaitu Kendaraan Udara Otonom (AAV) sekali pakai.

Seri Barracuda ini mencakup tiga varian: Barracuda-100, Barracuda-250, dan Barracuda-500, yang masing-masing kompatibel dengan berbagai muatan dan mekanisme penggunaan untuk mendukung berbagai misi.

Selain varian-varian tersebut, tersedia juga konfigurasi Barracuda-M secara khusus dikembangkan sebagai amunisi, dimaksudkan untuk menyediakan kemampuan sebagai rudal jelajah yang lebih terjangkau dan mudah beradaptasi dibandingkan dengan opsi yang ada.

Keluarga Barracuda dikembangkan dengan menyederhanakan proses produksi dibandingkan dengan sistem yang ada saat ini.

Pendekatan produksi model baru ini dirancang untuk membutuhkan waktu 50 persen lebih sedikit, 95 persen lebih sedikit peralatan, dan 50.persen lebih sedikit komponen.

Pengurangan dalam kompleksitas manufaktur ini berkontribusi pada biaya per unit yang sekitar 30.persen lebih rendah daripada sistem rudal konvensional.

Desain Barracuda menggabungkan komponen yang tersedia secara komersial yang tersebar di enam subsistem umum, memungkinkan perakitan oleh lebih banyak pekerja, termasuk dari sektor otomotif dan produk elektronik umum, daripada terbatas pada personel manufaktur pertahanan yang terspesialisasi.

Strategi ini dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan rantai pasokan dan mengurangi ketergantungan pada metode produksi khusus pertahanan.

Selain itu, tingkat produksi dapat ditingkatkan sesuai permintaan untuk memenuhi lonjakan jangka pendek, yang memungkinkan perakitan lebih cepat dan pembentukan jalur produksi baru bila diperlukan.

Keluarga Barracuda didukung oleh mesin turbojet.yang memberikan kecepatan, kemampuan manuver, dan jangkauan yang dibutuhkan untuk berbagai misi serangan, termasuk operasi langsung, operasi siaga, atau operasi jarak jauh.

Arsitektur sistem terbuka modular dan subsistem umum pada Barracuda memungkinkan integrasi dan pengujian cepat berbagai teknologi subkomponen komersial baru, yang memungkinkan penyesuaian terhadap kemampuan misinya sesuai kebutuhan.

Barracuda-100 adalah varian modular ringkas yang dirancang untuk konsep operasional baru, diluncurkan dari darat atau udara bagi pasukan taktis.

Dengan jangkauan lebih dari 157 km saat diluncurkan dari udara dan lebih dari 111 km saat diluncurkan dari darat. Model ini mendukung muatan hingga 16 kg, mengakomodasi jenis kinetik dan non-kinetik.

Platform peluncuran potensial untuk Barracuda-100 meliputi sistem peluncuran rel seperti pada helikopter serang AH-64 dan AH-1Z, sistem peluncuran ekor seperti C-130, dan berbagai sistem peluncuran darat.

Varian Barracuda-250 ditujukan untuk penggunaan operasional yang lebih luas di berbagai angkatan militer, dengan dukungan untuk berbagai muatan, platform, dan konsep operasional.

Rudal ini memiliki jangkauan lebih dari 370 km saat diluncurkan dari udara dan lebih dari 278 km saat diluncurkan dari darat, dengan kapasitas muatan 16 kg.

Barracuda-250 dapat dikerahkan dari berbagai platform udara, darat, atau maritim, termasuk ruang senjata internal pesawat tempur generasi kelima seperti F-35A/B/C dan secara eksternal dari pesawat tempur seperti F-15E, F-16, dan F/A-18E/F, serta dari platform permukaan seperti peluncur Multiple Facet of Merit (MFOM) dan kapal permukaan.

Barracuda-500 adalah varian yang dirancang untuk misi jarak jauh dan produksi bervolume tinggi. Varian ini menawarkan jangkauan lebih dari 926 km saat diluncurkan dari udara dan dapat membawa muatan melebihi 45 kg, termasuk muatan kinetik dan muatan lainnya.

Performa seri Barracuda sebagian besar ditentukan oleh kemampuan perangkat lunaknya, yang dikelola oleh perangkat lunak Lattice for Mission Autonomy milik Anduril. Perangkat lunak ini memungkinkan Barracuda untuk melakukan perilaku otonom dan kolaboratif.

Sebagai platform yang ditentukan perangkat lunak, performa dan perilaku Barracuda dapat diperbarui dengan cepat untuk memenuhi persyaratan misi yang berubah, berbeda dengan rudal jelajah konvensional, yang memerlukan waktu pembaruan lebih lama. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *