Libatkan F-16 dari empat skadron, TNI AU dan RSAF melaksanakan Latihan Bilateral Fighter Interaction di Lanud Roesmin Nurjadin

F-16 Angkatan Udara SingapuraTNI AU

AIRSPACE REVIEW – TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Singapura (RSAF) melaksanakan Latihan Bilateral Fighter Interaction (BFI) di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

RSAF mengerahkan dua jet tempur F-16-nya dalam melaksanakan latihan ini. Kedua pesawat tiba di Pekanbaru pada Rabu, (11/9).

Latihan BFI antara TNI AU dan RSAF dilaksanakan pada 9-13 September 2024.

Komandan Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar selaku Direktur Latihan menyambut kedatangan pesawat RSAF yang dipimpin oleh Ketua Delegasi RSAF Letkol Jason Lau.

Latihan BFI melibatkan pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi serta Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

Sementara RSAF mengerahkan F-16 dari skadron tempurnya dan pesawat tanker Airbus A-330 Multi Role Tanker Transport (MRTT) untuk berpartisipasi dalam berbagai skenario latihan yang telah disiapkan.

Danwing Udara 6 menyatakan, latihan ini tidak hanya berfokus pada taktik pertempuran udara, tetapi juga menjadi ajang pertukaran ilmu dan pengalaman antara TNI AU dan RSAF.

Kolaborasi ini dinilai penting untuk meningkatkan kemampuan taktis kedua angkatan udara dalam menghadapi ancaman potensial di kawasan. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *