Ukraina modernisasi kendaraan lapis baja BTR-60 era Uni Soviet untuk digunakan berperang melawan Rusia

Modifikasi BTR-60Ukrainian MoD

AIRSPACE REVIEW – Kementerian Pertahanan Ukraina, pada 2 September, telah menyetujui pengiriman kendaraan pengangkut personel lapis baja (APC) baru Khorunzhy ke angkatan bersenjatanya untuk digunakan dalam perang melawan Rusia.

Kendaraan ini merupakan hasil modernisasi besar-besaran dari panser BTR-60 era Uni Soviet, yang menggabungkan peningkatan teknis dengan material berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan medan perang saat ini.

Panser Khorunzhy dibangun menggunakan baja berkualitas tinggi yang dipasok Finlandia, dapat meningkatkan perlindungan balistik tanpa menambah bobot kendaraan.

Seluruh bodi kendaraan dirancang untuk menahan peluru hingga kaliber 7,62 mm, khusus pelindung bagian depan dapat menahan tembakan dari senapan mesin berat 12,7 mm pada jarak 10 m.

Selain itu, desain bagian bawah lambung kendaraan dapat bertahan dari ledakan ranjau setara 6 kg TNT, ditambah dengan kursi antiranjau untuk melindungi awaknya.

Dalam hal kinerja, Khorunzhy secara signifikan melampaui pendahulunya, BTR-60.

Telah dilengkapi dengan mesin diesel kuat berdaya 330 ps, memungkinkan kendaraan mencapai kecepatan melebihi 80 km/jam, dengan jangkauan operasi sejauh 500 km.

Ergonomi kendaraan juga telah ditingkatkan, dengan tata letak bodi yang memudahkan manuver dan pendaratan pasukan, dengan pintu rampa baru di bagian belakang kendaraan, meningkatkan keselamatan dan kecepatan operasi di lapangan.

Khorunzhy dilengkapi juga dengan perangkat elektronik modern, kamera pengintai untuk visibilitas yang lebih baik, dan sistem pendingin udara untuk kenyamanan awak.

Termasuk juga generator otonom yang memungkinkan kendaraan beroperasi bahkan saat mesin dimatikan.

Mengenai persenjataan, kendaraan dapat dilengkapi dengan modul tempur yang menampilkan senapan mesin berat 14,5 mm atau kanon 30 mm, menawarkan fleksibilitas tergantung pada kebutuhan operasional.

Khorunzhy dirancang agar serbaguna, dengan kemampuan untuk diproduksi dalam beberapa varian seperti pengangkut personel lapis baja, evakuasi medis, kendaraan perbaikan, kendaraan komando, dan mortir gerak sendiri.

Fleksibilitas desain ini memungkinkan panser Khorunzhy memenuhi berbagai kebutuhan militer, sehingga memperkuat kapasitas operasional Angkatan Bersenjata Ukraina. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *