Viral, penampakan drone tempur siluman baru China yang misterius

CS-5000TWeibo

AIRSPACE REVIEW – Sebuah video terbaru yang beredar di platform media sosial China, Weibo, telah menarik perhatian para analis dan penggemar dunia pertahanan.

Rekaman tersebut mengungkap sebuah pesawat tempur tanpa awak (UCAV) misterius model sayap terbang (flying wing).

Meskipun tanggal dan lokasi pasti video tersebut masih dirahasiakan, beberapa ahli menduga bahwa pesawat itu bisa jadi adalah CS-5000T (Cloud Shadow 5000T).

CS-5000T yang diperkenalkan pada Airshow China 2022 ini diyakini sebagai demonstran teknologi atau desain konseptual untuk pesawat nirawak tempur siluman masa depan baru China setelah GJ-11 Sharp Sword.

Namun, detail tentang spesifikasi dan performa CS-5000T masih minim. Belum ada konfirmasi resmi atau informasi teknis yang dirilis, sehingga banyak spekulasi yang beredar.

Menariknya, baru-baru ini juga beredar video drone tempur siluman GJ-11 yang tengah mengudara di sebuah tempat yang tak diungkapkan.

GJ-11 yang pengembangannya dimulai pada tahun 2019 ini dilaporkan masih dalam tahap proses integrasi ke dalam unit militer China.

Saat ini China menjadi pemain utama dalam pengembangan drone tempur siluman (UCAV) model sayap terbang, selain beberapa negara lainnya seperti Rusia, Turkiye dan Iran. (RBS)

Foto: Weibo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *