Tentara Ukraina menembak jatuh drone misterius bermesin jet Rusia

Drone bermesin jet Rusia ditembak jatuh pasukan UkrainaVia X

AIRSPACE REVIEW – Tentara Ukraina berhasil menembak jenis baru drone bermesin jet mikro milik pasukan Rusia yang misterius. Hal ini menandai kemunculan pertama model drone baru di medan perang.

Insiden itu terjadi saat serangan besar drone Rusia terhadap Ukraina baru-baru ini.

UAV yang ditembak pada 30 Agustus itu merupakan drone bertenaga jet yang mengikuti konfigurasi aerodinamis model sayap terbang (flying wing).

Ini menunjukkan desain yang berfokus pada kemampuan siluman dan kecepatan.

Menariknya, drone tersebut tidak membawa senjata atau peralatan pengintaian. Hal ini menunjukkan bahwa drone ini mungkin sebagai umpan atau untuk menguji kesiagaan sistem pertahanan udara Ukraina.

Namun demikian, drone misterius ini tampaknya sangat sederhana dan memiliki banyak kekurangan, kata seorang pejabat militer Ukraina.

Belum diketahui, drone tersebut buatan pabrik besar seperti ZALA Aero atau perusahaan kecil pembuat drone yang banyak tumbuh di Rusia.

Analis militer berspekulasi bahwa drone ini kemungkinan besar merupakan umpan yang digunakan oleh pasukan Rusia untuk menyelidiki keberadaan dan kesiapan pertahanan udara Ukraina tanpa mempertaruhkan peralatan yang lebih berharga atau canggih. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *