Rusia kerahkan sistem pertahanan udara Pantsir-S1M di jembatan Krimea

Pantsir di Jembatan KrimeaTelegram

AIRSPACE REVIEW – Rusia telah menempatkan modifikasi langka sistem pertahanan udara Pantsir-S1M di Jembatan Krimea yang juga disebut Jembatan Kerch.

Penempatan sistem pertahanan udara ini terlihat dalam gambar yang dipublikasikan oleh saluran Telegram “Crimean Wind”.

Gambar satelit mengonfirmasi bahwa sistem ‘Pantsir’ telah ada di jembatan tersebut setidaknya selama sebulan. Hal ini menunjukkan strategi jangka panjang untuk melindungi rute penting ini dari potensi serangan Ukraina, menurut pengamat.

Varian khusus yang ditempatkan adalah model ekspor yang menampilkan kabin lapis baja yang dipasang pada sasis KamAZ-53958 yang dicat dengan kamuflase gurun.

Versi ini merupakan prototipe yang sebelumnya ditampilkan dalam Parade Kemenangan di Tula dan dipamerkan di Forum Army-2024.

Model Pantsir-S1M menawarkan beberapa spesifikasi taktis dan teknis yang lebih baik dibandingkan model standar, termasuk peningkatan jangkauan dan kemampuan ketinggian untuk menyerang target udara.

Sistem ini dapat menggunakan dua jenis rudal, yaitu 57E6M-E dan 57E6-E, yang keduanya merupakan bagian integral dari sistem Pantsir-S1.

Pantsir-S1M dirancang untuk pertahanan udara militer kecil dari serangan pesawat, helikopter, rudal jelajah, rudal balistik taktis, dan senjata presisi. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *