Rosoboronexport luncurkan Kondor 8X8, kendaraan pemulihan kelas berat serbaguna untuk pasar ekspor

Kondor 8X8Rosoboronexport

AIRSPACE REVIEW – Rosoboronexport belum lama ini telah memperkenalkan kendaraan pemulihan (RV) yang dinamai OKR Kondor 8X8, yang dibuat berdasarkan sasis KAMAZ-53958.

Kendaraan ini secara khusus dirancang untuk mengevakuasi peralatan militer dan perangkat keras terkait dengan berat kotor hingga 45 ton, dengan daya tarik maksimum hingga 60 ton.

Kondor 8×8 ditujukan untuk ekspor, berbeda dari model lain seperti kendaraan pemulihan KET-L1 yang dibuat berdasarkan sasis KAMAZ-6560 dan dikembangkan untuk digunakan oleh tentara Rusia.

Kondor 8×8 dapat melakukan berbagai tugas berat, termasuk operasi pengangkatan, pemasangan, pembongkaran, dan pemuatan, dan mampu berfungsi baik pada siang maupun malam hari.

Kendaraan juga dirancang untuk mengevakuasi kendaraan militer berat, menyiapkan rute evakuasi, dan mengirimkan data melalui saluran komunikasi, yang mendukung perannya dalam kerangka operasional terpadu.

Kondor 8×8 juga berkemampuan untuk menarik artileri medan, dengan kapasitas penarik hingga 8 ton. Kendaraan ini juga mencakup sistem untuk mengamankan dan mengangkut laras senjata dan peralatan terkait.

Diproduksi oleh OOO “Chaika-NN,” Kondor 8×8 berukuran panjang 11,52 m, lebar 2,55 m, dan tinggi 3,84 m, dengan berat kosong 34.500 kg dan total kapasitas massa 45.000 kg.

Kendaraan ini juga dirancang agar dapat diangkut melalui udara oleh pesawat kargo sekelas An-124, sehingga memudahkan penyebarannya di berbagai lingkungan operasional.

Fitur teknis kendaraan ini mencakup dua kerekan yang kuat. Kerekan primer dengan daya tarik hingga 24 ton dan kerekan sekunder yang menyediakan daya hingga 15 ton.

Kerekan tambahan juga disediakan dengan kapasitas 6,1 ton, mendukung berbagai operasi pemulihan.

Selain itu Kondor 8×8 juga memiliki derek hidrolik yang mampu mengangkat hingga 16,3 ton saat direntangkan sepenuhnya secara vertikal, dengan jangkauan maksimum 6,6 m dan tinggi 10 m, yang memungkinkannya untuk melakukan berbagai tugas pengangkatan.

Sebagai platform Kondor 8×8 adalah truk militer kelas berat KamAZ-53958, juga disebut sebagai K-53958 atau Tornado yang dikembangkan oleh produsen Rusia KamAZ.

Kendaraan ini ditenagai oleh mesin KamAZ-910.10 berkekuatan 550 hp dan dapat mencapai kecepatan hingga 100 km/jam.

KamAZ-53958 dirancang sebagai platform serbaguna yang mampu mendukung berbagai aplikasi militer, termasuk sistem pertahanan udara seperti Pantsir-SM. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *