India sukses uji coba bom luncur udara jarak jauh presisi tinggi GAURAV buatan dalam negeri dari Su-30MKI

Su-30MKI luncurkan bom GAURAVDRDO/IAF

AIRSPACE REVIEW – India membuat langkah signifikan dalam pengembangan teknologi pertahanan dengan melakukan uji coba sukses dari bom luncur udara jarak jauh baru bernama GAURAV buatan dalam negeri.

Dikembangkan oleh Defense Research and Development Organisation (DRDO), senjata canggih ini diatur untuk meningkatkan kemampuan serangan jarak jauh Angkatan Udara India (IAF).

Bom GAURAV, dengan berat 1.000 kg dirancang untuk diluncurkan dari jet tempur multi peran seperti Sukhoi Su-30MKI.

GAURAV menggunakan sistem navigasi hibrida mutakhir yang mengintegrasikan panduan inersia dan GPS, memungkinkannya untuk mencapai target dengan akurasi hingga jarak 100 km.

Selama uji coba baru-baru ini yang dilakukan di lepas pantai Odisha, Su-30MKI Angkatan Udara India berhasil meluncurkan bom GAURAV dan mencapai dan menghancurkan target yang telah ditentukan.

Pejabat DRDO mengonfirmasikan bahwa bom itu memiliki “ketepatan mm”, bukti teknologi canggih yang mereka kembangkan berhasil.

Uji ini dipantau secara ketat oleh para ilmuwan DRDO dan didukung oleh mitra kunci proyek termasuk Adani Defense dan Bharat Forge.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, peluncuran yang sukses dari GAURAV ini menandai langkah maju yang penting bagi kemampuan pertahanan India. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *