Archimedes Defense meluncurkan APC berbasis Tesla Cybertruck dengan lapisan keramik tahan peluru kaliber 14,5 mm

Tesla CybertruckArchimedes Defense

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan Amerika Archimedes Defense, bekerja sama dengan Unplugged Performance, memperkenalkan paket “Sting”, peningkatan pada Tesla Cybertruck yang dirancang untuk meningkatkan fungsinya dalam kondisi ekstrem dan lingkungan dengan ancaman tinggi.

Paket ini tersedia dalam tiga varian (Sting Baja, Sting Protector, dan Sting APC), masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan operasional khusus untuk penggunaan pemerintah dan sipil.

Varian pertama Sting Baja ditujukan untuk aplikasi off-grid, melengkapi Cybertruck dengan paket off-road Up Invincible untuk meningkatkan kinerjanya di medan yang berat.

Fitur utama varian ini adalah AMP Drive G125, generator genset 800V yang ringkas, ringan, dan dipasang di frunk yang berasal dari pesawat terbang.

Genset ini mampu menggunakan berbagai bahan bakar, beroperasi pada Jet A, JP-8, diesel, dan biodiesel.

Hal ini memungkinkan Cybertruck untuk diisi daya hingga 125 kW dan juga memungkinkannya untuk mengisi daya kendaraan lain, baik NACS maupun non-NACS, melalui kabel pengisi daya yang disertakan dengan adaptor.

Varian ini dirancang untuk operasi di daerah terpencil atau daerah yang terkena bencana, di mana pemeliharaan pengoperasian kendaraan sangat penting.

Varian kedua Sting Protector dibangun berdasarkan paket off-road Up Invincible dengan menambahkan pelat baja offset eksternal yang dapat dipasang dan dilepas.

Pelindung ini dirancang untuk menahan peluru senapan serbu 5,56 mm atau 7,62 mm, menawarkan perlindungan dari sudut-sudut penting di lingkungan dengan ancaman sedang.

Varian ini ditujukan untuk perorangan, badan usaha, dan lembaga pemerintah yang memerlukan keamanan ditingkatkan di area dengan potensi ancaman tetapi tidak ekstrem.

Varian Protector tersedia dengan atau tanpa genset, memberikan fleksibilitas tergantung pada kebutuhan operasional tertentu.

Varian ketiga Sting APC juga menawarkan opsi menyertakan genset untuk misi yang diperpanjang, memungkinkan kendaraan beroperasi tanpa bergantung pada sumber daya eksternal untuk jangka waktu yang lebih lama.

Paket Sting APC menggabungkan beberapa modifikasi pada desain Cybertruck, termasuk lapisan baja dan pelindung keramik yang lebih tebal, ban off-road yang lebih besar, lampu kabut tambahan, dan dua antena besar yang dipasang di bagian belakang.

Pintu yang diperkuat mengurangi ukuran jendela samping, dan bagian belakang atas kendaraan didesain ulang agar menyerupai menara kontrol lalu lintas bandara, yang mencerminkan kegunaannya.

Untuk lingkungan dengan ancaman tinggi, varian Sting APC menawarkan perlindungan tingkat lanjut, termasuk pertahanan yang ditingkatkan terhadap IED dan ranjau.

Varian ini dilengkapi pelat baja offset eksternal yang dapat dipasang dan dilepas serta lapisan pelindung keramik yang dirancang untuk melindungi dari peluru senapan mesin berat 14,5 mm. Varian ini cocok untuk operasi militer dan pertahanan di mana ancaman berat diantisipasi.

Paket Sting APC tidak mengubah sistem penggerak Cybertruck yang ada, tetapi penyertaan genset AMP Drive G125 di bagian depan secara signifikan meningkatkan kemampuannya di luar jaringan.

Mengenai Tesla Cybertruck, yang diperkenalkan pada tahun 2019, merupakan langkah Tesla memasuki pasar pickup terutama di Amerika Serikat.

Cybertruck menghadapi beberapa penundaan, dengan unit pertama yang dikirimkan pada akhir tahun 2023.

Untuk spesifikasinya, Cybertruck memiliki berat 3.104 kg, berdimensi panjang 5,68 m, lebar 2,41 m, dan tinggi 1,74 m.

Kendaraan ini juga memperkenalkan sistem kelistrikan 48 volt, yang berbeda dari standar industri 12 volt, yang berpotensi memengaruhi desain kendaraan masa depan. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *