Terungkap, kapal perang siluman baru China yang ditengarai sebagai penerus korvet Type 056

Korvet siluman China yang baruVia X

AIRSPACE REVIEW – Telah beredar viral di platform media sosial X, penampakan sebuah kapal perang siluman terbaru buatan China. Sayangnya, informasi terbuka mengenai spesifikasi dan kinerjanya belum tersedia.

Namun demikian kapal ini diidentifikasi sebagai korvet generasi berikutnya (NextGEN). Kapal ini merupakan perkembangan signifikan bagi Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN), karena menjadi yang pertama dalam jenisnya di armada mereka.

Kapal yang diperkirakan akan menjadi penerus korvet Type 056 (NATO: kelas Jiangdao) ini telah menarik perhatian besar dari para analis pertahanan.

Beberapa pihak berspekulasi bahwa kapal tersebut dapat berfungsi sebagai platform uji coba untuk teknologi baru, sementara pihak lain menduga bahwa kapal tersebut dapat menjadi bagian dari pesanan ekspor untuk pembeli asing yang tidak disebutkan namanya.

“Kapal ini dapat berfungsi sebagai platform uji komprehensif, akan selaras dengan desain dan kemampuannya yang canggih,” ungkap Andreas Rupprecht, pengamat pertahanan China.

Desain korvet ini menekankan kemampuan silumannya, menggabungkan permukaan datar dan bersudut yang dibuat dengan cermat..

Fitur-fitur ini termasuk meminimalkan tanda bahaya optik, inframerah, akustik, dan radar, sehingga meningkatkan kemampuan kapal untuk menghindari deteksi di lingkungan perang.

Desain lambung yang canggih semakin menonjolkan fokus PLAN pada kemampuan bertahan hidup dan efektivitas dalam situasi pertempuran modern. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *