Untuk hadapi kejahatan maritim, Angkatan Laut Nigeria akan segera diperkuat dua kapal patroli Sea Eagle dari Malaysia

Kapal Patroli Sea EagleVia Jakepor21

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Laut Nigeria tengah bersiap menerima dua kapal patroli Sea Eagle baru yang segera dikirimkan dari Malaysia bulan depan.

Pengiriman akan dilakukan menggunakan kapal kargo besar, dengan tujuan Pelabuhan Apapa, Nigeria. Hal ini diinformasikan oleh Jakepor21 pada14 Agustus.

Kapal-kapal tersebut dibangun oleh galangan kapal Malaysia KN Aluminum & Engineering Sdn Bhd (KNAE) dan Northern Shipyard Sdn Bhd. Proyeknya diselesaikan dalam jangka waktu 24 bulan.

Kapal patroli dengan panjang badan 38 m ini selanjutnya mendapatkan nomor lambung P197 dan P198. Sea Eagle dapat dipersenjatai dengan kanon atau senapan mesin otomatis.

Selama setahun terakhir, Angkatan Laut Nigeria telah membuat langkah signifikan dalam meningkatkan kapasitas operasionalnya.

Khususnya dalam mengatasi tantangan kejahatan maritim seperti pencurian minyak, pembajakan, dan lainnya.

Salah satu tindakan yang telah dilakukan adalah Operasi Delta Sanity, diluncurkan pada Januari 2024. Operasi ini telah menghasilkan keberhasilan penting dalam mengekang pencurian minyak di wilayah Delta Niger.

Operasi tersebut telah berhasil menangkap sekitar 35 kapal yang terlibat dalam kegiatan ilegal.

Upaya intensif Angkatan Laut Nigeria ini untuk mengamankan sumber daya minyaknya, yang sangat penting bagi perekonomian negara tersebut. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *