Rumania akan memborong rudal AIM-120C-8 AMRAAM dari AS senilai 592 juta USD

AIM-120 AMRAAMRaytheon

AIRSPACE REVIEW – Rumania berupaya meningkatkan kekuatan angkatan udaranya dengan rencana memborong rudal udara ke udara canggihh AIM-120C-8 AMRAAM dari Amerika Serikat senilai 592 juta USD.

Rencana tersebut telah disetujui oleh Departemen Luar Negeri AS dan telah diumumkan di laman Badan Kerja Sama Pertahanan Keamanan (DSCA).

Sebelumnya, Rumania telah mendapatkan persetujuan dari AS untuk mengakuisisi rudal udara ke duara jarak dekat AIM-9X Sidewinder Block II senilai 70 juta USD.

Selain rudal AMRAAM, dalam kesepakatan tersebut Rumania akan mendapatkan bagian panduan penting, rudal pelatihan, dan berbagai peralatan pendukung.

Rumania sejauh ini telah menjadi tuan rumah bagi elemen sistem pertahanan rudal NATO dan aset militer AS. Pembelian terbaru rudal oleh Bucharest semakin memperkuat perannya sebagai pemain dalam keamanan regional.

Pengadaan pertahanan Rumania didorong oleh kebutuhan untuk memodernisasi pasukan militernya guna menghadapi ancaman terkini dan yang muncul.

Penambahan AIM-120C-8 diharapkan dapat meningkatkan kemampuan tempur udara ke udara Rumania dan memastikan negeri itu dapat mempertahankan wilayah udaranya secara memadai terhadap potensi serangan asing.

Bertindak sebagai kontraktor utama untuk penjualan ini adalah RTX Corporation yang berkantor pusat di Tucson, Arizona. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *