Disaksikan Menhan RI, PT PAL tanda tangani kontrak kerja sama dengan partner strategis asal Turkiye

Kerja sama PT PAL dan TurkiyePT PAL Indonesia

AIRSPACE REVIEW – PT PAL Indonesia bersama Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto & jajaran, serta pimpinan DefendID dan industri pertahanan nasional lainnya hadir dalam pertemuan dengan Presiden Sekretariat Industri Pertahanan (SSB) Republik Türkiye Prof. Dr. Haluk Görgün.

PT PAL Indonesia dalam rilisnya (27/8) menerangkan, dalam pertemuan tersebut CEO PT PAL Dr. Kaharuddin Djenod juga turut melaksanakan seremonial penandatanganan kontrak kerja sama dengan Partner Strategis asal Turkiye di bidang pertahanan untuk memperkuat Alutsista Indonesia yang saat ini sedang dibangun oleh PT PAL.

Sementara itu, Menhan Prabowo Subianto menekankan bahwa hubungan bilateral antara Indonesia dan Turkiye telah terjalin sejak zaman Ottoman hingga saat ini.

Oleh karena itu, kerja sama dalam penguatan industri pertahanan antara kedua negara perlu terus ditingkatkan untuk memperkuat pertahanan bersama, tambah Prabowo Subianto.

Seperti diketahui, PT PAL yang berbasis di Surabaya tengah membangun Fregat Merah Putih pesanan Kementerian Pertahanan RI untuk digunakan oleh TNI AL.

Nah, kapal perang yang kelak menjadi flagship TNI AL ini akan mengadopsi combat management system (CMS) Advent dari perusahaan Havelsan asal Turkiye.

Informasi Havelsan sebagai pemasok CMS untuk fregat berbasis Arrowhead 140 tersebut, diwartakan oleh situs Janes pada 26 Mei 2023, saat Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2023 di Malaysia.

Selain Fregat Merah Merah Putih, CMS Advent akan melengkapi dua unit kapal patroli lepas pantai OPV 90 m yang sedang dibangun di PT Daya Radar Utama dan tiga kapal cepat rudal KCR-60M yang dibangun oleh PT Tesco Indomaritim. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *