Rusia kembali hidupkan pesawat tempur legendaris Yak-3 Perang Dunia II dengan kode AK-3

AK-3Via Telegram

AIRSPACE REVIEW – Di pameran pertahanan Forum Army-2024, Biro Desain A. Kemenov Rusia, yang didirikan pada tahun 2020 dan berpusat di wilayah Ruza, wilayah Moskow, memamerkan pesawat AK-3. Ini adalah pesawat replika modern dari Yak-3, pesawat tempur legendaris era Perang Dunia II.

AK-3 tetap mempertahankan siluet desain Yak-3, mengingatkan pada pendahulunya yang bersejarah sekaligus menggabungkan material dan teknologi modern.

Pengembangan AK-3 ini untuk memenuhi kebutuhan penerbangan kontemporer, termasuk penambahan kokpit dua tempat duduk. Sementara Yak-3 aslinya adalah hanya memiliki satu kursi.

Perbedaan utama lainnya antara AK-3 dan pendahulunya Yak-3 adalah pada fitur keselamatannya yang ditingkatkan.

Pesawat ini dilengkapi dengan sistem parasut berkecepatan tinggi KS-100, yang diproduksi oleh perusahaan Rusia MVEN. Hal ini untuk meningkatkan keselamatan selama operasi penerbangan.

Dibuat dari material komposit, AK-3 memadukan avionik dan instrumen penerbangan modern ke dalam desainnya, sekaligus dilengkapi kanopi yang diperpanjang untuk mengakomodasi kontrol ganda.

Modifikasi ini memungkinkan AK-3 digunakan untuk pelatihan penerbangan dan aerobatik, serta produksi film perang.

Versi modern Yak-3 ini mampu mencapai kecepatan maksimum 410 km per jam dan kecepatan jelajah 340 km per jam.

Kecepatan stall pesawat ini adalah 120 km/jam. Sementara kecepatan menanjak 15,5 m/detik.

Disebutkan, AK-3 memiliki jangkauan terbang maksimum 1.000 km dan ketinggian operasional hingga 4.000 m.

Untuk lepas landas, pesawat ini membutuhkan jarak 406 m, sedangkan untuk mendarat membutuhkan jarak 430 m.

Berat lepas landas maksimum AK-3 adalah 1.300 kg. Pesawat dirancang mampu menahan gravitasi -6 hingga +8G, yang memungkinkan penggunaannya dalam perlombaan udara dan aerobatik. (RBS)

2 Replies to “Rusia kembali hidupkan pesawat tempur legendaris Yak-3 Perang Dunia II dengan kode AK-3”

  1. Mesinnya apakah sudah menggendong turboprop? Kalau sudah bayangkan tenaganya tapi gak tahu aoakah rangkanya mampu kalau desainnya masih sama.

    1. Dlm ulasannya dikatakan bila sudah dimodernnisasi bisa jd mesinnya lebih barurangka lebih kuat dan dr keterangannya dahulu satu tempat duduk dan yg sekarang 2tempat duduk berarti rangkanya tentu lebih kuat karena penambahan muatan dan panjangnya bertambah dan mesin pula lebih baru tentunya,juga dijelaskan bila kemampuan dlm manuver -6 G sampai +8 G tentu nya banyak peningkatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *