Perusahaan Inflatech dari Republik Ceko memamerkan umpan tiup F-16 dengan logo Angkatan Udara Ukraina

Umpan tiup F-16 Ukraina buatan Ceko_4Via X

AIRSPACE REVIEW – Sebuah perusahaan dari Republik Ceko memamerkan umpan tiup F-16 yang secara khusus diberi logo dan roundel Angkatan Udara Ukraina.

Tidak jelas apakah umpan tiup F-16 ini akan dikirim ke Ukraina atau apakah penggunaan lambang Angkatan Udara Ukraina hanya untuk menarik minat terhadap produk mereka.

Namun, ada laporan yang belum dikonfirmasi tentang umpan F-16 ini juga sedang dibuat di bengkel Ukraina, tulis TWZ.

Replika F-16 berukuran skala penuh ini muncul beberapa minggu setelah pengiriman jet tempur F-16 asli oleh negara-negara pendonor bantuan militer ke Ukraina.

Umpan tiup pesawat F-16 dibuat oleh perusahaan Inflatech, Ceko. Saat ini barang tersebut sedang dipamerkan di pameran pertahanan Industry Days di Denmark yang diselenggarakan oleh Organisasi Akuisisi dan Logistik Kementerian Pertahanan Denmark (DALO).

Replika tiup F-16 yang diberi cat abu-abu ini memperlihatkan bagian ‘kanopi kokpit’ transparan, ‘tangki bahan bakar tambahan’ di bawah perut pesawat, serta ‘rudal’ di bagian ujung sayap.

Sementara itu di lamannya, Inflatech mencantumkan lebih dari 30 umpan militer tiup yang berbeda.

Selain berbagai tank, kendaraan lapis baja, dan artileri terdapat jenis pesawat lain, perusahaan juga membuat umpan tiup Su-27 dan Su-30 Rusia. Ada juga helikopter UH-60 Black Hawk buatan AS.

Hingga Maret tahun lalu, perusahaan mengklaim bisnisnya naik lebih dari 30 persen dibandingkan sebelumnya.

Pada 6 Maret 2023, Inflatech memamerkan umpan tiup kendaraan militer M270 MLRS HIMARS di Decin, Republik Ceko

Perusahaan mengatakan, jumlah produksi umpan senjata tiup seperti peluncur roket HIMARS telah melonjak sejak tahun lalu, menyusul serangan militer Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari 2022. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *