Angkatan Darat Rusia akan gantikan Desertcross 1000-3 ATV China di Ukraina dengan Plastun-TT buatan lokal

Plastun-TTVia Telegram

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan asal Rusia, Plastun, memamerkan kendaraan segala medan (ATV) Plastun-TT di pameran Forum Army-2024, Moskow beberapa waktu lalu.

Kendaraan ini dirancang untuk memenuhi persyaratan khusus Angkatan Bersenjata Rusia, khususnya untuk transportasi ringan yang lincah di lingkungan menantang.

Ada kemungkinan pengerahan Plastun-TT ke unit militer Rusia di Ukraina untuk pelengkap atau bahkan menggantikan peran Desertcross 1000-3 ATV buatan China.

Hingga pertengahan November 2023, Angkatan Bersenjata Rusia telah mengoperasikan 537 kendaraan Desertcross 1000-3 dengan rencana untuk menambah jumlah ini menjadi 1.590 pada Maret 2024.

Kebutuhan akan kendaraan tambahan telah menyebabkan pertimbangan Plastun-TT sebagai opsi yang diproduksi di dalam negeri.

Pengembangan Plastun-TT ini merupakan bagian dari perluasan lini produk Plastun yang sudah ada, yang mencakup keluarga kendaraan beroda rantai multiguna Plastun-SN.

Tujuan utama dari proyek Plastun-TT adalah menciptakan kendaraan yang mampu mengangkut personel, kargo, dan peralatan khusus melintasi medan berat dengan daya dukung rendah, seperti yang ditemukan di Ukraina.

Kendaraan dibangun mengandalkan komponen otomotif dalam negeri, dengan elemen-elemen utama seperti mesin, transmisi, dan as roda yang bersumber dari kendaraan buatan Rusia.

Kendaraan dengan penggerak 4X4 ini ditenagai oleh mesin bensin 1,6 BPR 11146, yang menghasilkan daya 75 ps. Kecepatan maksimum 100 km/jam dan jangkauan 400 km.

Plastun-TT dapat mengangkut hingga satu ton kargo dan menampung 6-8 penumpang atau dua orang yang terluka berbaring di tandu dengan seorang pendamping.

Untuk spesifikasinya, kendaraan dengan desain simpel ini memiliki berat kosong 1.850 kg, yang meningkat menjadi 2.850 kg saat terisi penuh. Berdimensi panjang 5.1 m, lebar 1.9m, tinggi 2.1 m, ground clearance 28 cm dan jarak sumbu rodanya 3.3 m.

Prototipe Plastun-TT saat ini tengah menjalani pengujian, dengan melibatkan para spesialis sipil dan personel militer.

Laporan menunjukkan bahwa kendaraan tersebut telah memenuhi harapan, tanpa masalah signifikan yang teridentifikasi.

Menurut beberapa sumber Rusia, Plastun tengah mempersiapkan fasilitas produksi massal Plastun-TT yang mampu memproduksi hingga 20 kendaraan per bulan.

Jika Kementerian Pertahanan Rusia jadi memesan, diperkirakan sedikitnya 40 kendaraan dapat dikirimkan pada akhir tahun 2024 ini untuk segera digunakan dalam palagan di Ukraina. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *