Pesawat Ilyushin Il-76TD versi baru menerima sertifikat tipe dari Rosaviatsia

Il-76MD-90AUAC

AIRSPACE REVIEW – Badan Transportasi Udara Rusia, Rosaviatsia, telah menerbitkan sertifikat tipe PJSC “Il” (Ilyushin) untuk modifikasi pesawat angkut Ilyushin Il-76.

Dokumen tersebut diterbitkan untuk pesawat jenis Il-76TD-90 (modifikasi dari pesawat Il-76MD-90A) dan Il-76TD-90VD.

Untuk mendapatkan sertifikat, perusahaan melakukan pekerjaan ekstensif dalam mensistematisasikan dokumentasi desain, yang diserahkan untuk diperiksa ke agen pendaftaran Rusia.

Sertifikasi Il-76TD-90 diberikan untuk peningkatan kinerja penerbangan pesawat, avionik modern, dan pengurangan tiga awak. Perubahan ini akan memungkinkan pesawat untuk beroperasi di semua rute udara internasional.

Kepala Badan Transportasi Udara Federal Dmitry Yadrov mengatakan, sertifikat tipe tersebut akan meningkatkan potensi ekspor Il-76.

“Penerimaan dokumen tersebut oleh perusahaan Ilyushin dengan kartu data sertifikat tipe niscaya akan meningkatkan potensi ekspor pesawat, akan mencatat karakteristik kinerja penerbangan dan batasan operasional pesawat, serta dokumen yang menjelaskan desain standar,” ujarnya,

Ia menambahkan bahwa dengan memperoleh sertifikat akan memungkinkan pelaksanaan dan pencatatan perubahan selanjutnya pada desain pesawat untuk pengembangan selanjutnya.

PJSC Ilyushin saat ini sedang melakukan negosiasi dengan calon pelanggan Il-76TD-90 di Rusia dan luar negeri.

“Pesawat ini sangat diminati oleh maskapai penerbangan, terutama yang armadanya saat ini mengoperasikan pesawat keluarga Ilyushin yang terkenal,” kata Direktur Umum PJSC Ilyushin Daniil Brenerman.

Ia menambahkan, potensi backlog pesanan melebihi 100 pesawat. Pengiriman Il-76TD-90A baru dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2028.

UAC mengincar pasar untuk menggantikan sekitar 100 pesawat kargo Il-76 di seluruh dunia yang mencapai akhir masa pakainya. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *