Majukan industri persenjataan lokal, Kemhan Polandia borong kendaraan pengintai lapis baja LOTR Kleszcz, gantikan BRDM-2 era Uni Soviet

LOTR KleszczAMZ Kutno

AIRSPACE REVIEW – Kementerian Pertahanan Polandia baru-baru ini telah menandatangani perjanjian baru untuk akuisisi 28 kendaraan pengintai lapis baja ringan LOTR Kleszcz yang dikembangkan oleh AMZ Kutno.

Pembelian ini merupakan bagian dari strategi Polandia untuk memperkuat kemampuan pertahanannya melalui produksi dalam negeri.

Perjanjian tersebut menyoroti komitmen negara tersebut untuk mengalokasikan 50 persen anggaran pengadaan pertahanannya untuk pasar Polandia.

Dengan berinvestasi dalam teknologi militer yang diproduksi secara lokal, Polandia tidak hanya mendukung industri pertahanannya tetapi juga memastikan bahwa angkatan bersenjatanya dilengkapi dengan peralatan modern dan andal.

Sebelumnya pada Februari 2024, Kementerian Pertahanan Polandia meluncurkan rencana ambisius untuk mengakuisisi 300 kendaraan lapis baja LOTR Kleszcz.

LOTR Kleszcz yang dikenal juga sebagai Bobr-3 ini dirancang untuk menggantikan kendaraan lapis baja BRDM-2 4×4 era Uni Soviet yang saat ini masih beroperasi.

Pengiriman LOTR Kleszcz untuk Angkatan Darat Polandia akan dilakukan mulai dari tahun 2025 hingga tuntas pada 2035.

Untuk spesifikasinya, LOTR Kleszcz memiliki bobot 14 ton, panjang 6,8 m, lebar 2,5 m dan tinggi 2,3 m. Kabinnya dapat menampung lima prajurit termasuk pengemudi.

Kendaraan dibekali mesin diesel berdaya 326 hp, memiliki kecepatan maksimum 100 km/jam dan jangkauan operasi sejauh 600 km. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *