Forum Army-2024: Rusia luncurkan tank pemulihan lapis baja BREM-80U, dilengkapi pelindung antidrone kamikaze dan rudal antitank

BREM-80UIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Industri persenjataan Rusia meluncurkan BREM-80U, kendaraan pemulihan lapis baja baru yang didasarkan pada sasis tank tempur utama (MBT) T-80U, yang secara khusus dirancang untuk mengatasi ancaman yang muncul di medan perang Ukraina.

Kendaraan ini merupakan peningkatan signifikan dalam kemampuan dukungan medan perang, yang menggabungkan fungsi pemulihan yang kuat dengan langkah-langkah perlindungan yang canggih.

BREM-80U telah dilengkapi dengan lapis baja baru tambahan dan lapis baja ‘Cope Cage’, jaring logam yang dirancang untuk meningkatkan perlindungan terhadap serangan drone kamikaze.

Lalu pelindung pasif tambahan dan pelindung reaktif peledak (ERA) memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap berbagai ancaman, termasuk rudal antitank dan persenjataan berdaya ledak tinggi.

Perlindungan ‘batu bata’ ERA ini ditempatkan secara strategis di bagian depan badan kendaraan untuk bertahan terhadap serangan frontal langsung.

Pelindung Cope Cage pada kendaraan semakin meningkatkan pertahanannya dengan mencegah drone kamikaze yang secara langsung menghantam menara.

Sangkar baja ini berpotensi menetralkan bahan peledaknya sebelum dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan.

Selain itu, BREM-80U dilengkapi dengan sistem penangkal drone dengan perangkat perang elektronik (EW) yang terintegrasi ke dalam rangka pelindung atas.

Sistem ini dapat mengganggu komunikasi pesawat tanpa awak, menjadikannya alat yang efektif untuk melawan meningkatnya penggunaan drone dalam peran pengintaian dan penyerangan.

Dirancang untuk memberikan dukungan penting bagi tank tempur utama di medan perang, BREM-80U memastikan bahwa tank yang rusak atau tidak dapat bergerak dapat segera diperbaiki atau diambil alih, bahkan saat terjadi tembakan.

Tank Recovery ini dilengkapi bilah buldozer besar di bagian depan lambung untuk membersihkan rintangan atau menggali posisi pertahanan.

Serta derek kuat yang dipasang di sisi kiri lambung atas, mampu mengangkat dan memindahkan komponen berat seperti menara tank atau mesin, yang penting untuk perbaikan lapangan.

Tidak seperti banyak tank Rusia lainnya, T-80U yang menjadi basis BREM-80U, dibedakan berdasarkan mesin turbin gasnya, memberikan akselerasi dan mobilitas unggul, terutama di lingkungan dingin.

Fitur turbin gas ini yang membedakannya dari tank tempur utama Rusia lainnya seperti T-72 dan T-90 yang menggunakan mesin diesel. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *