Jadi negara pemborong alutsista, Polandia membeli 96 helikopter serang AH-64E Apache Guardian dari Amerika Serikat

AH-64EBoeing

AIRSPACE REVIEW – Pemerintah Polandia telah menandatangani Surat Penawaran dan Penerimaan (LOA) Penjualan Militer Asing (FMS) untuk 96 helikopter serang Boeing AH-64E Apache Guardian dari Amerika Serikat.

LOA tersebut ditandatangani seminggu setelah Kementerian Pertahanan Nasional Polandia mengumumkan perjanjian penggantian kerugian dengan Boeing.

Perjanjian ini mencakup pemeliharaan dan dukungan armada helikopter Apache Angkatan Bersenjata Polandia oleh industri pertahanan Polandia, bersama dengan pembentukan program pelatihan dan dukungan untuk pengembangan laboratorium komposit.

Diakui, kemitraan dengan Boeing akan meningkatkan kemampuan keberlanjutan industri pertahanan Polandia.

“Kami merasa terhormat bahwa Pemerintah Polandia menaruh kepercayaannya kepada kami,” kata Vince Logsdon, Wakil Presiden Pengembangan Bisnis Internasional untuk Pertahanan, Antariksa & Keamanan Boeing.

“Helikopter AH-64E Apache akan memperkuat kemampuan operasional dan interoperabilitas Polandia dengan AS, NATO, dan negara-negara sekutu. Kami berharap dapat memberikan kemampuan yang tak tertandingi ini,” lanjutnya.

Ditambahkan bahwa proyek ini akan meningkatkan kemampuan keberlanjutan industri pertahanan Polandia, mendukung penciptaan lapangan kerja berketerampilan tinggi di bidang ini dan memfasilitasi kemajuan teknologi, sehingga menghasilkan manfaat ekonomi yang signifikan.

Sementara itu, Wakil Presiden dan Manajer Umum Lift Vertikal Boeing Kathleen Jolivette mengatakan, pembelian 96 helikopter AH-64E merupakan pesanan FMS tersebesar dalam sejarah yang didapat Boeing.

“Komitmen Polandia untuk membeli 96 pesawat mewakili pesanan FMS terbesar dalam sejarah divisi Vertical Lift Boeing dan tidak hanya akan menjadikan Polandia sebagai pelanggan Apache global kami yang ke-19, namun juga operator terbesar di luar Amerika Serikat,” ujarnya.

Boeing telah membangun AH-64 Apache selama lebih dari 40 tahun di Mesa, Arizona. Heli ini merupakan konfigurasi paling modern dari Apache yang menggabungkan desain yang telah terbukti dalam pertempuran dengan teknologi transformasional. Desain ini menghasilkan perpaduan kinerja dan keserbagunaan yang tak tertandingi.

Boeing menyatakan, saat ini terdapat lebih dari 1.290 helikopter Apache yang beroperasi di seluruh dunia, dengan dukungan pemeliharaan dan pelatihan yang disediakan oleh Boeing Global Services.

Pemerintah Polandia telah memilih AH-64E Apache Guardian untuk menggantikan Mi-24 lama asal Soviet. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *