Forum Army-2024: Iran perkenalkan drone intai serang terbarunya Mohajer 10, penerus Mohajer 6 yang telah battle proven

Mohajer-10Iranian Agency

AIRSPACE REVIEW – Sebagai negara sahabat dekat Rusia, Iran kembali hadir dalam gelaran Forum Army-2024 yang tengah berlangsung di Patriot Park, di luar ibu kota Moskow pada 12-14 Agustus.

Kehadiran Iran menjadi signifikan karena dengan percaya diri memamerkan beragam peralatan perangnya, khususnya dalam keberhasilan pengembangan drone.

Salah satu produk yang ditampilkan adalah drone intai serang terbaru Mohaje10 (Immigrant-10), pengembangan lebih lanjut dari keluarga drone Mohajer yang telah battle proven.

Sebelumnya, Iran telah memasok militer Rusia dengan drone intai serang Mohajer 6 untuk digunakan dalam Operasi Militer Khusus di Ukraina bersama dengan drone kamikaze Shahed 136.

Dibandingkan dengan Mohajer 6 yang masih berdesain konvensional, maka desain Mohajer 10 telah mengadopsi fitur siluman.

Spesifikasi dan performanya belum diungkapkan dengan gamblang, namun disebutkan bila drone ini memiliki jangkauan hingga 2.000 km dan berdaya tahan 24 jam di udara.

Di bawah sayapnya masing-masing tersedia dua gantungan senjata untuk membawa beragam rudal udara ke permukaan yang diproduksi secara lokal oleh industri persenjataan Iran. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *