Forum Army-2024: Rusia luncurkan kendaraan amfibi serbaguna MGT-LB generasi baru, gantikan MT-LB era Uni Soviet

MGT-LBIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Salah satu peralatan perang baru yang tampil perdana di pameran pertahanan Forum Army-2024 di luar kota Moskow adalah kendaraan lapis baja amfibi serbaguna MGT-LB.

Kendaraan ini dirancang untuk menggantikan MT-LB era Uni Soviet, yang telah digunakan oleh Angkatan Bersenjata Rusia sejak tahun 1970-an.

MGT-LB tergolong sebagai kendaraan tempur ringan multiperan yang secara khusus dirancang untuk memenuhi berbagai tuntutan operasi militer modern.

Kendaraan ini mampu mengangkut personel, amunisi, dan peralatan militer, dan dapat dikonfigurasi untuk memasang berbagai senjata dan peralatan khusus.

Selain itu, MGT-LB dapat digunakan menarik sistem artileri dan trailer, menjadikannya aset penting dalam peran tempur dan dukungan logistik.

Salah satu fitur MGT-LB yang paling mengesankan adalah kemampuannya untuk beroperasi dalam kondisi iklim dan geografis yang sangat sulit. Baik melalui salju, tundra, daerah rawa-rawa, hutan bahkan pegunungan.

Kendaraan ini dirancang untuk beroperasi dalam suhu mulai dari -50°C hingga +40°C dan dapat beroperasi pada ketinggian hingga 4.500 m.

MGT-LB menawarkan perlindungan yang memenuhi standar STANAG 4569 Level 3, tahan terhadap tembakan senjata ringan dan pecahan peluru artileri. Sementara untuk perlindungan terhadap ranjau, berada pada STANAG 4569 Level 1.

Kabin kendaraan dapat menampung dua awak bersama dengan delapan prajurit infanteridan kapasitas muatan 2.500 kg.

Dengan bobot 16,5 ton, MGT-LB digerakkan oleh mesin diesel turbocharged 450 hp. Kecepatannya hingga 70 km/jam di jalan raya dan 10 km/jam saat beroperasi dalam mode amfibi. Jangkauan operasionalnya mencapai 800 km. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *