Brasil menawarkan pesawat KC-390 Millennium ke India, imbal baliknya akan membeli rudal BrahMos dan Akash

Rudal BrahMosPTI

AIRSPACE REVIEW – Brasil menawarkan pesawat angkut KC-390 Millennium ke India. Sebagai imbal baliknya, Brasilia akan membeli rudal BrahMos dan Akash dari India untuk Angkatan Darat Brasil.

Usulan tersebut akan disampaikan oleh delegasi pertahanan Brasil yang dijadwalkan akan mengunjungi India bulan ini untuk menjajaki kolaborasi dalam berbagai proyek pertahanan.

Kunjungan delegasi Brasil ini merupakan lanjutan dari interaksi kedua negara untuk mempererat dan meningkatkan hubungan pertahanan bilateral.

Tahun lalu, industri pertahanan India berpartisipasi dalam LAAD (DefExpo) di Rio de Janeiro, Brasil. Delegasi India yang dipimpin oleh Wakil Menteri Pertahanan Anurag Bajpai mengunjungi Brasil dan bertemu dengan pejabat senior pertahanan negara itu.

Terkait rudal BrahMos, India telah menerima kontrak di tahun 2022 untuk memasok rudal supersonik ini ke Filipina.

Kelompok pertama baterai rudal pertahanan pantai antikapal BrahMos untuk Korps Marinir Filipina BrahMos diterima Filipina pada 19 April 2024.

Sementara untuk rudal permukaan ke udara Akash, baru-baru ini India mengekspornya ke Armenia.

Di pihak yang lain, perusahaan Embraer dari Brasil telah mengekspor pesawat C/KC-390 Millennium ke Portugal dan beberapa negara telah memesan pesawat ini seperti Hungaria, Austria, Ceko, Belanda, dan Korea Selatan. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *