Hindari pelecehan seksual, IndiGo sediakan pilihan bagi penumpang perempuan untuk memilih tempat duduk di sebelah perempuan lainnya, laki-laki tidak bisa

A320 IndiGoWikipedia

AIRSPACE REVIEW – Maskapai terbesar di India, IndiGo, memperkenalkan opsi pemilihan kursi di pesawat berdasarkan gender penumpangnya.

Bagi penumpang perempuan yang ingin duduk di sebelah perempuan lainnya, dia dapat memilih kursi dengan melihat daftar penumpang berdasarkan gendernya pada saat melakukan online check-in.

Opsi tersebut tidak berlaku bagi penumpang laki-laki karena tidak bisa melihat daftar gender penumpang pada saat melakukan online check-in.

Keputusan IndiGo ini disambut baik oleh banyak pelancong perempuan mengingat beberapa kasus pelecehan seksual yang terjadi dalam penerbangan.

IndiGo mengatakan, opsi ini disediakan setelah melakukan riset pasar untuk membuat perjalanan penumpang wanitanya lebih nyaman.

“Fitur ini memungkinkan pelancong wanita untuk melihat jenis kelamin penumpang yang menempati kursi di pesawat saat melakukan web check-in, sehingga mereka yang ingin menghindari duduk di sebelah pria dapat melakukannya. Penumpang laki-laki tidak mempunyai pilihan untuk melihat jenis kelamin penumpang lainnya,” tulis IndiGo dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Ditambahkan bahwa fitur ini memberikan visibilitas kursi yang dipesan oleh penumpang wanita, hanya pada saat web check-in. Hal ini secara khusus dirancang untuk wisatawan wanita –baik yang melakukan pemesanan sendiri maupun pemesanan tiket bersama keluarga.

Konsep menciptakan ruang publik yang aman bagi perempuan di India bukanlah hal baru. Misalnya, sistem kereta api Metro Delhi memiliki gerbong yang diperuntukkan bagi perempuan bagi mereka yang ingin menggunakan pilihan tersebut.

Fitur IndiGo mendapat tanggapan yang sangat positif, terutama dari para wanita yang pernah mengalami situasi tidak nyaman saat duduk di samping penumpang pria.

Beberapa kejadian diberitakan, penumpang perempuan dan bahkan pramugari di pesawat hampir selalu menjadi korban pelecehan seksual dalam penerbangan. Hal ini terbukti dari berbagai kasus yang muncul selama bertahun-tahun. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *