KRI Banda Aceh-593 angkut ratusan prajurit TNI-Polri dan Taruna Akademi TNI-Polri untuk upacara HUT ke-79 RI di IKN

KRI Banda Aceh-593TNI AL

AIRSPACE REVIEW – Kapal angkut jenis Landing Platform Dock (LPD) mili TNI Angkatan Laut, KRI Banda Aceh-593 (BAC-593), mengangkut 171 prajurit TNI-Polri dan 100 Taruna Akademi TNI-Polri untuk melaksanakan Upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Selain itu ada juga 36 personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan personel dari Sekretarian Kepresidenan.

Kapal dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) tersebut berangkat dari Dermaga JICT I Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Senin (5/8) dan dijadwalkan tiba di pelabuhan Umum Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Kamis (8/8).

Selain membawa pasukan, LPD kelas KRI Makassar tersebut juga mengangkut material dan peralatan upacara seperti alat-alat musik dari Satuan Musik (Satsik) gabungan TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Kapal ini juga membawa 30 kendaraan dari tiga matra TNI dan Polri seperti bus dan trik, mobil dinas tipe SUV, dan sepeda motor.

Dalam pelayaran ini KRI Banda Aceh dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Sulthon Maula Firdaus.

Seperti diketahui, Pemerintah RI akan melaksanakan Perayaan HUT ke-79 RI di dua tempat, yakni di IKN Kalimantan Timur dan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Upacara di IKN akan dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo, sementara upacara di Jakarta akan dipimpin oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Berbagai persiapan sedang dilaksanakan di kedua tempat tesebut, khususnya di IKN. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *