Boeing mengirimkan MH-139A Grey Wolf pertama dari 13 yang dipesan Angkatan Udara AS, gantikan Bell UH-1N Huey

Boeing

AIRSPACE REVIEW – Boeing secara resmi telah mengirimkan helikopter produksi pertama MH-139A Grey Wolf ke Angkatan Udara AS (USAF) pada 5 Agustus 2024.

Pengiriman helikopter ini merupakan bagian dari kontrak tahun 2023 senilai 285 juta dolar AS untuk produksi awal 13 unit.

Disebutkan, helikopter ini akan secara langsung mendukung upaya modernisasi USAF yang sedang berlangsung dan akan bermarkas di Pangkalan Angkatan Udara Malmstrom di Montana.

Penyediaan armada MH-139A sangat penting bagi masa depan keamanan nasional, karena Grey Wolf akan memainkan peran penting dalam triad nuklir AS selama beberapa dekade mendatang.

Helikopter baru ini dirancang untuk meningkatkan patroli keamanan di ladang rudal balistik nuklir berbasis darat AS dan digunakan juga untuk mengangkut pejabat senior.

Pada tahun 2024 ini Boeing kembali menerima pesanan tambahan sebanyak tujuh MH-139A dari USAF.

MH-139A menawarkan peningkatan kecepatan dan jangkauan sebesar 50 persen dibandingkan pendahulunya Bell UH-1N Huey yang akan digantikannya.

Hal ini memungkinkannya untuk menjalankan berbagai misi dengan efisiensi yang lebih tinggi.

Selain itu, biaya pengoperasiannya yang lebih rendah, keandalan yang lebih tinggi, dan kemudahan perawatan yang lebih baik memberikan USAF fleksibilitas yang lebih besar dan kemampuan yang lebih baik.

Program MH-139A merupakan kerja sama antara Boeing dan Leonardo Italia, yang dibangun berdasarkan helikopter AW139.

Leonardo memproduksi helikopter dasar di fasilitasnya di timur laut Philadelphia, sementara Boeing menangani pengadaan dan pemasangan peralatan militer serta menyediakan dukungan pascapengiriman. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *