Kendaraan tempur infanteri Ceko yang ditingkatkan terlihat di Israel, mengusung turret baru buatan Elbit Systems

Pandur II 8X8IDFOsint

AIRSPACE REVIEW – Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) Pandur II yang dilengkapi dengan menara tak berawak Elbit Systems UT-30 Mk.2 telah terlihat di Israel selatan.

Hal ini menyusul laporan Praise The Steph sebelumnya bahwa perusahaan Ceko Tatra Defence Vehicle (TDV) telah memulai pengerjaan generasi baru IFV Pandur II 8×8.

Model baru yang disebut sebagai Pandur II 8×8 EVO ini pengembangannya didorong oleh kebutuhan untuk memenuhi persyaratan tempur modern dan meningkatkan kemampuan operasional Angkatan Darat Ceko.

Pandur II 8×8 EVO menawarkan beberapa peningkatan dibanding Upgrade ini memastikan perlindungan, daya tembak, dan mobilitas yang lebih baik.

Berat maksimumnya telah meningkat menjadi 25 ton, sehingga memberikan perlindungan balistik dan ranjau yang lebih baik.

Lambungnya telah didesain ulang, dan tangki bahan bakar telah dipindahkan ke posisi yang lebih aman.

Peningkatan juga mencakup sistem pendingin udara, pemanas, pencahayaan, dan penyaringan yang canggih.

Kendaraan ini ditenagai oleh mesin turbodiesel Cummins ISL 540 8,9 liter baru yang menghasilkan daya 405 kW. Dipasangkan dengan transmisi otomatis enam percepatan ZF Ecomat 6 HO 902 S,.

Panser berpenggerak 8×8 ini mampu menempuh jarak hingga 600 km dan kecepatan tertingginya 105 km/jam. Tidak seperti pendahulunya, model EVO tidak akan bersifat amfibi.

Fitur penting dari peningkatan ini adalah penyertaan stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) Elbit Systems UT-30 Mk.2.

Turret ini dipersenjatai dengan meriam otomatis Bushmaster II Mk.44 30 mm, senapan mesin 7,62 mm, dan dua rudal antitank Spike-LR/LR2.

Sistem senjata ini menawarkan jangkauan gerak dari -15° hingga 60°, dan baik komandan maupun penembak akan memiliki alat bidik yang sepenuhnya stabil.

Termasuk juga kamera TV siang hari dan kamera pencitraan termal dengan jangkauan dua kali lipat dari Pandur II 8×8 CZ KBVP saat ini.

Fitur tambahannya termasuk sistem peringatan laser ELAWS dan kemungkinan pemasangan sistem perlindungan aktif (APS) Iron Fist LC.

Di kubahnya juga dilengkapi dengan delapan peluncur granat asap Wegmann 76 mm di bagian depan.

Konfigurasi awak kendaraan mencakup pengemudi, komandan, penembak, dan tujuh prajurit bersenjata lengkap. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *