Polandia siap borong 96 helikopter serang AH-64E Apache Guardian dari AS, termasuk ribuan rudal dan roketnya

AH-64EBoeing

AIRSPACE REVIEW – Polandia dikabarkan akan segera menandatangani serangkaian perjanjian ofset dalam beberapa minggu mendatang untuk pengadaan 96 helikopter Boeing AH-64E Apache Guardian untuk Angkatan Bersenjata Polandia.

Perjanjian untuk pengirimannya akan menyusul setelah kesepakatan ini tercapai.

Wakil Kepala Badan Persenjataan Polandia Kolonel Robert Frommholz mengungkapkan rencana kepada Polsat News. Dalam waktu sekitar dua minggu, Polandia berencana untuk menyelesaikan perjanjian ofset untuk memperoleh helikopter Apache Guardian.

Perjanjian ini akan mendahului kontrak pelaksanaan untuk pengiriman helikopter.

Kementerian Pertahanan Polandia dan mitra Amerika Serikat-nya mengantisipasi perjanjian ini akan memungkinkan pembentukan kemampuan pemeliharaan untuk helikopter Apache Guardian di Polandia.

Kontrak untuk helikopter Apache Guardian akan menjadi yang terbesar dalam sejarah Angkatan Bersenjata Polandia dan salah satu kesepakatan pengadaan helikopter serang terbesar yang pernah ditandatangani secara global.

Pemberitahuan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat kepada Kongres menguraikan bahwa paket maksimum akan mencakup 37 radar AN/APG-78 Longbow dan 96 interferometer AN/APR-48B MRFI 2.

Termasuk juga 1.844 rudal antitank AGM-114R2 Hellfire, 460 rudal antitank AGM-179A JAGM, 508 rudal udara ke udara FIM-92K Stinger, serta beberapa ribu roket berpemandu APKWS ringan

Polandia juga telah disetujui untuk memperoleh berbagai paket dukungan logistik dan pelatihan yang komprehensif untuk helikopter baru, sistem pertahanan diri, dan kemampuan MUM-T (Manned-Unmanned Teaming).

Nilai maksimum kontrak untuk helikopter buatan Boeing inj diperkirakan sebesar 12 miliar dolar AS, meskipun jumlah akhirnya diperkirakan sedikit lebih rendah.

Sebagian dari kontrak tersebut akan dibiayai melalui pinjaman Amerika Serikat di bawah program Foreign Military Financing (FMF).

Program ofset yang ditetapkan bertujuan untuk membantu Polandia dalam menjaga kesiapan armada Apache Guardian.

Pelatihan bagi pilot dan awak darat Polandia untuk Apache Guardian telah dimulai dan diharapkan akan terus berlanjut dengan dukungan dari Angkatan Darat Amerika Serikat untuk jangka waktu yang lama.

Pengenalan 96 helikopter AH-64E akan meningkatkan kemampuan Angkatan Udara Polandia secara signifikan. Polandia akan menjadi pengguna helikopter Apache Guardian terbesar di NATO. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *