Slowakia menerima dua dari 14 jet F-16 Block 70 dari AS, menggantikan peran MiG-29

F-16V SlowakiaSlovak MoD

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara Slowakia menyambut kedatangan dua jet tempur barunya Lockheed Martin F-16 Block 70 pertamanya pada 23 Juli 2024.

Kedua jet yang dipiloti oleh penerbang Amerika Serikat ini mendarat di Pangkalan Udara Malacky-Kuchyňa setelah perjalanan hampir sepuluh jam.

Kedatangan jet berjulukan Viper ini dihadiri oleh Presiden Peter Pellegrini, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Robert Kaliňák, Jenderal Daniel Zmeko, dan Duta Besar AS Gautam Rana.

Pengiriman jet ini merupakan bagian dari perjanjian tahun 2018 di mana Slowakia berkomitmen untuk menggelontorkan dana sebesar 1,6 miliar dolar AS untuk 14 pesawat.

Meskipun mengalami penundaan karena pandemi COVID-19, kedatangan F-16 ini terjadi pada saat yang kritis karena NATO memperkuat perbatasan timurnya di tengah konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

Pengadaan 14 unit F-16V ini untuk menggantikan peran jet tempur MiG-29 Angkatan Udara Slowakia yang telah dipensiunkan seluruhnya di tahun 2022.

Selanjutnya, pada 17 Maret 2023, pemerintah Slowakia menyetujui pengiriman 13 jet tempur MiG-29 yang pensiun tersebut ke Ukraina. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *