Pesawat CRJ-200ER Saurya Airlines jatuh di Nepal, sedikitnya 18 penumpang dan awak pesawat meninggal dunia, pilot dilarikan ke rumah sakit

Pesawat CRJ-200ER Saurya Airlines jatuh di Kathmandu 18 orang tewas_ Airspace ReviewVia X

AIRSPACE REVIEW – Pesawat CRJ-200ER Saurya Airlines (S1) jatuh tak lama setelah lepas landas di Bandara Internasional Tribhuvan (KTM) di Kathmandu, Nepal.

Otoritas Penerbangan Sipil Nepal (CAAN) telah mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi kecelakaan tersebut sebagai salah satu kecelakaan terburuk di negara tersebut, media melaporkan.

Pesawat dengan registrasi 9N-AME itu tengah melaksanakan penerbangan feri dari Bandara KTM menuju Bandara Pokhara (PKR) dengan membawa 19 penumpang dan awak.

Pesawat lepas landas dari KTM pada pukul 11.11 waktu setempat pada 24 Juli 2024. Sumber menyebut, pesawat tersebut membawa dua awak dan 17 teknisi untuk melakukan perawatan rutin ke bandara baru Pokhara di Nepal yang dibuka Januari lalu dan dilengkapi dengan hanggar perawatan pesawat.

Semua yang berada di dalamnya adalah pegawai maskapai penerbangan Saurya Airlines.

Saksi mata melaporkan bahwa pesawat tiba-tiba miring 90 derajat sehingga menyebabkan ujung sayap menyentuh tanah.

Hal itu menyebabkan kebakaran dan pesawat kemudian jatuh ke jurang di sisi timur landasan pacu, antara hanggar Buddha Air dan stasiun radar, tulis Reuters.

Menurut CAAN, delapan belas orang kehilangan nyawa, sementara pilot Mr Shakya dilarikan ke rumah sakit.

“Kapten Manish Shakya diselamatkan pada pukul 11:34 dan dibawa ke Rumah Sakit KMC. Dia bisa berbicara. Dia mengalami cedera mata,” kata SSP Dinesh Raj Mainali dari Kantor Polisi Lembah Kathmandu.

Delapan belas penumpang di dalamnya adalah warga Nepal sedangkan salah satu karyawannya berasal dari Yaman, menurut CAAN.

Operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung, dengan tentara dan penyelamat Nepal berada di lokasi. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *