Pertama kalinya, Inggris berhasil menguji senjata laser Raytheon dengan menembakkannya terhadap drone ringan

Raytheon menguji senjata laser untuk menjatuhkan drone ringan_ Airspace ReviewUK MoD

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan Raytheon UK bekerja sama dengan Laboratorium Sains dan Teknologi Pertahanan (Dstl) dan Peralatan dan Dukungan Pertahanan (DE&S) berhasil menguji Sistem Senjata Laser Berenergi Tinggi (HELWS)

Uji coba senjata laser yang dilakukan di lokasi latihan Dstl di Porton Down, merupakan yang pertama kalinya di lakukan di Inggris. Senjata laser ini berhasil menjatuhkan drone ringan.

HELWS ini merupakan sistem yang ringan dan portabel. Ditembakkan dengan kekuatan penuh saat dipasang pada kendaraan lapis baja Wolfhound 6×6 milik Angkatan Darat Inggris.

Integrasi yang sukses ini menandai kemajuan signifikan dalam program Demonstrator Senjata Energi Terarah Laser Darat (LDEW) milik Kementerian Pertahanan Inggris.

Proyek senjata laser mobile ini ditujukan untuk melawan ancaman udara yang semakin besar yang ditimbulkan oleh perang pesawat tanpa awak atau drone.

Varian HELWS ini secara khusus dirancang untuk menetralkan pesawat nirawak dan kompatibel dengan sistem pertahanan udara yang ada, termasuk radar, komando dan kontrol, dan platform lainnya.

HELWS buatan Raytheon telah disertifikasi untuk digunakan oleh pasukan AS, setelah mengumpulkan lebih dari 40.000 jam pengujian dan berhasil menembak jatuh lebih dari 400 target udara.

Tahap pengujian berikutnya di Inggris akan difokuskan pada upaya agar para prajurit Angkatan Darat Inggris dapat membiasakan diri dengan sistem senjata laser tersebut dan menyempurnakan persyaratan untuk kemampuan di masa mendatang. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *