A330 MRTT menjadi pesawat tanker pertama yang berhasil melakukan pengisian bahan bakar di udara secara otomatis pada malam hari

Air Refueling otomatis dari A330 MRTT terhadap F-16D SingapuraAirbus

AIRSPACE REVIEW – Pesawat tanker multiperan Airbus A330 MRTT berhasil mencapai sebuah tonggak sejarah dunia penerbangan dengan menjadi yang pertama melakukan pengisian bahan bakar secara otomatis di udara (A3R) pada malam hari.

Rangkaian uji coba ini dilakukan untuk mencapai sertifikasi pada tahun 2025.

Pada bulan Mei hingga Juni 2024, pesawat A330 MRTT milik Angkatan Udara Singapura yang menggunakan konfigurasi sistem A3R terbaru, melakukan sepuluh penerbangan dengan pesawat tempur F-16 Portugal dan Singapura, pesawat tempur F-15SG, dan MRTT Singapura lainnya sebagai pesawat penerima.

Program tersebut berlangsung lebih dari 500 kontak dilakukan di mana lebih dari 150 kontak di antaranya dilakukan secara otomatis dalam kondisi malam hari.

Sebagai bagian dari rangkaian pengujian malam hari, sejumlah kontak dilakukan dalam kondisi pencahayaan malam yang berbeda dengan konfigurasi eksternal penerima yang berbeda pula, tulis Airbus dalam rilis yang diterima Airspace Review.

Pencapaian ini dapat terwujud berkat pengembangan algoritme operasi malam hari A3R dan standar sistem kamera yang baru.

Sistem kamera baru ini menggabungkan teknologi mutakhir yang tidak hanya memungkinkan A3R beroperasi di malam hari, tetapi juga meningkatkan kualitas gambar yang diandalkan oleh operator pengisian bahan bakar di udara pada operasi yang dilakukan secara manual.

Kemampuan baru ini semakin meningkatkan kualitas sistem penginderaan visual A330 MRTT dalam kondisi siang, sore, dan malam hari. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *