Pesawat patroli maritim P-3C Orion pertama Angkatan Laut Argentina tiba di Florida untuk jalani peningkatan

P-3C Orion ArgentinaArgentina MoD

AIRSPACE REVIEW – Pesawat Lockheed P-3C Orion pertama untuk Angkatan Laut Argentina telah tiba di fasilitas MHD-Rockland di Florida AS pada 20 Juli 2024.

Selanjutnya, pesawat patroli maritim ini akan menjalani pemutakhiran sensor sebelum diserahkan kembali kepada Argentina.

MHD-Rockland sendiri memang dikenal atas keahliannya dalam merawat dan meningkatkan pesawat P-3 Orion.

Pekerjaan pada P-3C ini meliputi pengaturan dan kalibrasi sensor utamanya, radar Raytheon AN/APS-137(V)5.

Sensor multimode ini dirancang untuk deteksi dan navigasi, dan juga beroperasi dalam mode cuaca dan untuk pencarian jarak jauh.

Sensor ini mampu menghasilkan gambar dalam mode SAR/ISAR (apertur sintetis dan apertur sintetis terbalik), sehingga cocok untuk mendeteksi, mengidentifikasi, memecahkan, dan mengklasifikasikan target darat dan laut.

Hal ini menandai kemajuan signifikan atas Texas Instruments AN/APS-80 yang sudah usang yang sebelumnya digunakan oleh P-3B Orion yang lebih tua dari Penerbangan Angkatan Laut Argentina.

Perkembangan ini mengikuti kesepakatan yang dirampungkan dalam sebuah seremoni dengan Menteri Pertahanan Argentina Jorge Taiana dan Kepala Angkatan Laut Argentina Laksamana Julio Guardia.

Pembelian tersebut dibiayai oleh Dana Pertahanan Nasional Argentina (FONDEF), dengan pilot penerbangan angkatan laut Argentina saat ini tengah menjalani pelatihan di AS.

Sebelumnya, Argentina berencana untuk mengakuisisi empat P-3C Orion bekas Norwegia. Tiga unit akan digunakan untuk pengawasan maritim, peperangan antikapal selam, dan misi antipermukaan.

Sementara satu P-3N akan didedikasikan untuk operasi pencarian dan penyelamatan.

Akuisisi ini dibangun berdasarkan pengalaman Argentina sebelumnya dengan enam P-3B Orion yang diterima dari Angkatan Laut AS antara tahun 1997 dan 1999. Dua di antaranya untuk digunakan sebagai suku cadang. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *