Sistem pertahanan udara Tor-M2 Rusia menghancurkan rudal Storm Shadow Ukraina di Oblast Kharkiv

TOR-M2MoD

AIRSPACE REVIEW – Kementerian Pertahanan Rusia pada 20 Juli 2024 menyatakan sistem rudal pertahanan udara Tor-M2 yang dioperasikan Zapad Battlegroup berhasil menghancurkan rudal jelajah Storm Shadow Ukraina di atas Kupyansk, di Kharkiv Oblast.

“Storm Shadow terbang di sepanjang lintasan rudal jelajah yang biasa, sehingga menjadikannya target yang bagus untuk Tor-M2. Rudal itu langsung terkena tembakan pertama,” ungkap operator Tor-M2

Militer Ukraina mendapatkan rudal jelajah maut tersebut dari Inggris (Storm Shadow) dan Prancis (SCALP EG). Rudal diluncurkan dari MiG-29 atau Su-24 yang telah dimodifikasi.

Bantuan rudal jelajah jarak jauh canggih ini memungkinkan Ukraina untuk melakukan serangan presisi terhadap target strategis yang jauh di dalam.

Beberapa rudal Storm Shadow/SCALP EG berhasil menghancurkan target strategis militer Rusia, yang berhasil memperdayai sistem pertahanan mereka.

Namun kali ini, Storm Shadow gagal mengenai targetnya, berhasil dijatuhkan rudal pencegat yang dilepaskan dari sistem Tor-M2.

Mengenai Tor-M2 yang dijuluki NATO sebagai NATO SA-15D ini, merupakan sistem rudal permukaan ke udara (SAM) jarak pendek modern. Dirancang untuk menyerang berbagai target udara.

Kemampuan tempurnya meliputi pertahanan udara terhadap pesawat sayap tetap, helikopter, kendaraan udara tak berawak (UAV), rudal jelajah, dan amunisi berpemandu presisi.

Dilengkapi dengan radar dan sistem pemandu rudal yang canggih, TOR-M2 dapat mendeteksi, melacak, dan menyerang beberapa target secara bersamaan, bahkan dalam lingkungan peperangan elektronik yang kompleks.

TOR-M2 dapat menyerang target pada jarak hingga 12-15 km, dan mencegat target yang terbang pada ketinggian mulai dari 10 m hingga 10.000 m.

Sistem ini sangat mobile, biasanya dipasang pada kendaraan beroda ban atau beroda rantai, yang memungkinkannya bergerak cepat dengan pasukan yang maju atau mundur.

Mobilitas tinggi ini memastikan bahwa sistem dapat disebarkan dengan cepat ke berbagai lokasi sesuai kebutuhan, memberikan cakupan pertahanan udara yang fleksibel dan responsif. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *