AS setujui penjualan rudal Hellfire dan APKWS ll senilai 138 juta dolar AS ke Republik Ceko, untuk persenjataan heli AH-1Z Viper dan UH-1Y Venom

Helikopter UH-1Y dan AH-1Z CekoCzech Air Force

AIRSPACE REVIEW – Amerika Serikat telah menyetujui kemungkinan Penjualan Militer Asing (FMS) ke Republik Ceko, untuk rudal AGM-114R Hellfire dan Sistem Senjata Pembunuh Presisi Canggih AGR-20 (APKWS) II, serta logistik terkait serta elemen dukungan program.

Total perkiraan biaya untuk penjualan ini sekitar 138,26 juta dolar AS.

Permintaan Republik Ceko tersebut mencakup 200 rudal AGM-114R Hellfire; empat rudal pelatihan CATM, dan 600 unit pemandu APKWS II WGU-59A/B.

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA) Amerika Serikat telah menyerahkan sertifikasi yang diperlukan kepada Kongres, memberitahukan mereka tentang potensi penjualan ini.

Republik Ceko meminta pembelian persenjataan tersebut untuk memperkuat kemampuan pertahanannya.

Rudal Hellfire dan APKWS ll akan mempersenjatai oleh helikopter AH-1Z Viper dan UH-1Y Venom milik Angkatan Udara Republik Ceko, yang akan meningkatkan efektivitas operasionalnya secara signifikan.

Seperti diketahui, Angkatan Udara Republik Ceko sudah tidak menggunakan lagi helikopter serbu Mi-35 Hind. Heli buatan Rusia ini telah dberikan.kepada Ukraina pada Maret 2023.

Sebagai penggantinya, Angkatan Udara Republik Ceko beralih ke produk Barat, dengan membeli sejumlah heli serang AH-1Z Viper dan Bell UH-1Y Venom, keduanya buatan Bell Helicopters Amerika Serikat. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *