Menyusul Uruguay, kini Paraguay juga memesan enam EMB-314 Super Tucano dari Embraer Brasil

EMB-314 Super TucanoEmbraer

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan kedirgantaraan Brasil, Embraer, kembali mendapatkan pesanan pesawat serang ringan EMB-314 Super Tucano dari negara tetangganya di Amerika Latin.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Nasional Uruguay telah mengakuisisi enam EMB-314 Super Tucano senilai 100 juta dolar AS, kini menyusul Paraguay dengan jumlah pesawat yang sama.

SA Defensa pada 20 Juli 2024 melaporkan, Presiden Paraguay Santiago Peña telah resmi menandatangani perjanjian pembelian enam EMB-314 Super Tucano untuk Angkatan Udara Paraguay (Fuerza Aérea Paraguaya).

Kesepakatan tersebut, yang bernilai sekitar 96,6 juta dolar AS, akan dibiayai melalui pinjaman dari Bank Pembangunan Brasil (BNDES).

EMB-314 Super Tucano atau dikenal juga sebagai A-29 Super Tucano adalah pesawat serang ringan dan juga berfungsi menjadi pesawat latih canggih.

Pesawat bermesin turboprop tunggal ini dapat digunakan untuk berbagai misi, termasuk kontrapemberontakan, dukungan udara jarak dekat, dan pengintaian.

Kehadiran enam EMB-314 Super Tucano akan memperkuat armada tempur Angkatan Udara Paraguay yang relatif sangat kecil.

Sebenarnya mereka hanya memiliki enam pesawat latih/serang model lama EMB- 312 Tucano yang juga dibeli dari Embraer. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *