Gantikan Stormer HVM yang uzur, AD Inggris berencana mengakuisisi kendaraan pertahanan udara VAMTAC Rapid Ranger asal Spanyol

VAMTACMBDA UK

AIRSPACE REVIEW – Kementerian Pertahanan Inggris bermaksud membeli kendaraan pertahanan udara VAMTAC 4×4 Rapid Ranger dari Spanyol.

Sebagaimana diumumkan pada 11 Juli 2024, di Ground Based Air Defence (GBAD) Expo yang diselenggarakan oleh Angkatan Darat Inggris di Baker Barracks di Emsworth, Inggris bagian selatan.

Namun pengadaan ini harus terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Parlemen Inggris.

Akuisisi ini merupakan bagian dari program Angkatan Darat Inggris untuk membeli sistem pertahanan udara ringan dan bergerak, yang dianggap sebagai solusi sementara hingga platform khusus dikembangkan.

Sistem pertahanan udara baru tersebut dimaksudkan untuk menggantikan enam sistem Stormer HVM yang ditransfer ke Ukraina pada tahun 2023.

Lebih jauh, Kementerian berencana untuk memesan enam unit tambahan guna meningkatkan kemampuan pertahanan udara Angkatan Darat Inggris yang sudah ada.

Akuisisi ini merupakan bagian dari program Angkatan Darat Inggris untuk membeli sistem pertahanan udara ringan dan bergerak, yang dianggap sebagai solusi sementara hingga platform khusus dikembangkan.

Kendaraan pertahanan udara VAMTAC (Vehículo de Alta Movilidad Táctica) merupakan platform militer yang sangat serbaguna yang dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Spanyol UROVESA.

Sejak diperkenalkan pada akhir tahun 1990-an, VAMTAC memiliki desain dan fungsi yang sebanding dengan Humvee Amerika Serikat, menawarkan konfigurasi 4×4 yang memastikan mobilitas taktis di berbagai medan.

VAMTAC Rapid Ranger dilengkapi dengan empat dudukan untuk rudal Starstreak atau Martlet, serta peluncur dan sistem deteksi dan pemandu terpadu.

Selama GBAD Expo, perusahaan Thales memamerkan VAMTAC yang dipersenjatai dengan rudal Starstreak untuk pertahanan udara jarak pendek dan Rudal Multiperan Ringan (LMM). -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *