Swedia membeli 12 helikopter UH-60M Black Hawk tambahan dari Amerika Serikat

Sweden UH-60M Black HawkAlan Wilson

AIRSPACE REVIEW – Administrasi Materiel Pertahanan Swedia (FMV) mengumumkan kontrak pembelian 12 helikopter multiperan UH-60M Black Hawk dari Amerika Serikat.

Helikopter tersebut akan diproduksi oleh Sikorsky, anak perusahaan Lockheed Martin.

Stockholm tidak merinci nilai kontrak yang ditandatangani, namun diperkirakan valuasinya sekitar 900 juta USD.

Sebelumnya pada Mei lalu, Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan helikopter UH-60M Black Hawk ke Swedia. Penjualan ini termasuk paket lengkap peralatan tambahan seperti mesin, sistem komunikasi dan sistem peringatan rudal.

Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan AS (DSCA) juga telah mengumumkan persetujuan pemerintah AS tersebut sebagai tanggapan atas permintaan kuotasi dari Swedia.

Swedia pertama mengakuisisi helikopter UH-60M dari Amerika Serikat pada tahun 2012 dan memberi kode pada heli tersebut sebagai HKP 16. Heli ini dibeli untuk membantu kebutuhan operasi di Afghanistan sambil menunggu 18 helikopter NHIndustries NH90 (HKP 14).

Namun, karena rendahnya ketersediaan NH90 dan tingginya biaya pengoperasian yang sebagian besar disebabkan oleh program modernisasi ekstensif, Swedia kemudian mengganti pembelian NH90 dengan menambah armada Black Hawk.

Angkatan Bersenjata Swedia saat ini mengoperasikan 15 helikopter Black Hawk yang dipesan pada tahun 2011.

Helikopter tersebut telah digunakan dalam operasi internasional, termasuk misi evakuasi medis di Afghanistan. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *