M-346 Angkatan Udara Polandia jatuh saat melakukan latihan untuk pertunjukan terbang, pilot tidak terlihat melontarkan diri dan tewas

M-346 Bielik PolandiaFabrizio Capenti

AIRSPACE REVIEW – Sebuah jet latih militer M-346 Bielik milik Angkatan Udara Polandia jatuh pada hari Jumat saat melakukan latihan untuk pertunjukan udara. Kecelakaan ini menewaskan pilotnya, Angkatan Bersenjata Polandia melaporkan.

Rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan sebuah M-346 Bielik jatuh ke landasan saat latihan untuk acara HUT ke-30 Brigade Penerbangan Angkatan Laut Gdynia di kota pelabuhan dengan nama yang sama.

Dalam video tersebut tidak terliha pilot melontarkan diri dari pesawat.

“Dengan sangat menyesal kami memberi tahu Anda bahwa hari ini, selama penerbangan pelatihan M-346 Bielik di bandara Pangkalan Penerbangan Angkatan Laut ke-43 di Gdynia Babich-Doly, Mayor Pilot Robert ‘Killer’ Jel meninggal secara tragis,” pejabat militer Polandia menyampaikan duka citanya di akun X.

Secara terpisah, Presiden Polandia Adrzej Duda juga menulis di X. “Dengan sangat menyesal saya menerima berita tentang jatuhnya pesawat M-346 Bielik, yang menyebabkan pilot Angkatan Udara Polandia meninggal secara tragis,” tulis dia.

“Ini adalah kehilangan yang menyakitkan bagi seluruh Angkatan Darat Polandia. Saya menyampaikan belasungkawa saya kepada keluarga dan orang-orang terkasihnya,” lanjutnya.

Video media sosial tersebut mengisyaratkan agar Jel tidak keluar dari pesawat.

Pesawat M-346 yang jatuh merupakan pesawat yang digunakan untuk pertunjukan aerobatik tunggal. tim ini baru dibentuk tahun 2023.

Tim ini terdiri dari dua pilot Tim Demo, yaitu Mayor Adrian “Chudy” Chudzinski dan Mayor Robert “Killer” Jet, yang merupakan instruktur di Akademi Angkatan Udara di Dłublin. Selain pilot ada juga, teknisi dan komentator.

Kedua pilot memiliki lebih dari seribu jam terbang dengan pesawat M-346. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *