Jet tempur F-16 sumbangan dari Denmark dan Belanda sedang dalam perjalanan menuju Ukraina, AS mengupayakan agar Ukraina masuk NATO

F-16 BelandaReuters

AIRSPACE REVIEW – Gelombang pertama jet tempur F-16 sudah ditransfer dari Denmark dan Belanda ke Ukraina dan akan terbang di atas langit Ukraina pada akhir kuartal ini. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan hal itu pada hari Rabu (10/7).

Blinken, yang berbicara di sebuah acara di sela-sela KTT NATO di Washington, mengatakan paket yang kuat untuk Ukraina akan diluncurkan lagi dalam beberapa hari mendatang. Hal ini akan membangun jembatan yang lebih jelas dan kuat menuju keanggotaan Ukraina di NATO.

“Saya juga senang mengumumkan bahwa transfer F-16 saat ini sedang berlangsung dari Denmark, dari Belanda,” kata Blinken dikutip Reuters.

“Jet-jet ini … akan terbang di langit Ukraina pada musim panas ini untuk memastikan bahwa Ukraina dapat terus mempertahankan diri secara efektif terhadap agresi Rusia,” lanjutnya.

F-16 telah lama masuk dalam daftar keinginan Ukraina karena daya rusaknya dan ketersediaannya di seluruh dunia. Jet tempur ini dilengkapi dengan meriam 20 mm dan dapat membawa bom, roket, serta rudal.

“Kami tengah bersiap menghadapi jet tempur modern di langit Ukraina,” kata Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov dalam sebuah unggahan di X setelah bertemu dengan mitranya dari Belanda dan Denmark.

Presiden Volodymyr Zelenskiy mengatakan minggu lalu bahwa ia ingin menggandakan kemampuan pertahanan udara Ukraina selama musim panas. Negaranya membutuhkan setidaknya tujuh sistem Patriot tambahan untuk melindungi dirinya sendiri.

Sementara itu, anggota NATO telah mengumumkan pengiriman lima Patriot tambahan dan sistem pertahanan udara strategis lainnya untuk membantu Ukraina.

Pengumuman bantuan lebih lanjut diharapkan pada pertemuan puncak minggu ini di Washington, yang menandai ulang tahun aliansi tersebut yang ke-75.

Denmark telah berjanji untuk menyumbangkan total 19 jet, sementara Belanda telah berjanji untuk mengirimkan 24 pesawat. Kedua negara telah mendorong koalisi internasional untuk memasok F-16 ke Ukraina.

Norwegia juga mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka akan menyumbangkan enam jet tempur F-16 ke Ukraina dan pengiriman diharapkan akan dimulai tahun ini. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *