Airbus siap mengirimkan dua C295 ke Angkatan Udara India, jumlah yang diterima menjadi lima unit dari 56 yang dipesan

C295 IndiaAirbus DS

AIRSPACE REVIEW – Dua pesawat angkut militer C295 untuk Angkatan Udara India (IAF) telah siap untuk dikirimkan dari pabrik Airbus Defense & Space Spanyol di Getafe, Spanyol, pekan lalu.

Pengiriman dua pesawat ini menyusul tiga unit pesawat yang sama yang telah dikirimkan ke IAF sebelumnya, sehingga jumlah yang diterima menjadi lima unit. Pesawat yang pertama telah diterima pada pertengahan tahun 2023.

Pemerintah India memesan 56 C295 pada September 2021. Pesawat ibermesin ganda ini akan menggantikan armada Avro-748 yang sudah menua.

Dari 56 yang dibeli, enam belas unit akan dibangun di Spanyol dan dikirim dalam waktu empat tahun. Sementara sisanya akan dibuat di India di bawah lisensi.

C295 produksi di India rencananya akan diuncurkan di fasilitas Tata Advanced Systems Limited (TASL)-Airbus di Vadodara, Gujarat, pada September 2026. Pengiriman pesawat terakhir dijadwalkan pada Agustus 2031.

Pesawat C295 mampu mengangkut kargo hingga 10 ton. Pesawat yang dilengkapi dengan teknologi modern ini memiliki pintu belakang untuk reaksi cepat dan terjun payung pasukan dan kargo.

Perusahaan mengatakan, dengan 300 pesanan dari 41 operator di 37 negara, C295 adalah pemimpin pasar di segmennya dan menonjol karena keserbagunaannya. Dari 41 operator tersebut, 19 sudah melakukan pemesanan ulang. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *