Beri penghormatan untuk F-117 Nighthawk, Skadron Tempur ke-8 USAF luncurkan F-16 dengan camo hitam dan abu-abu

F-16 Skadron Tempur ke-8 USAFUSAF

AIRSPACE REVIEW – Skadron Tempur ke-8 di Holloman AFB, New Mexico, Amerika Serikat bulan lalu meluncurkan F-16 andalannya yang dicat dengan kamuflase warna hitam dan abu-abu.

Hal ini untuk menghormati kehidupan skadron tersebut di masa lalu yang mengoperasikan jet siluman operasional pertama di dunai F-117 Nighthawk.

Skuadron Tempur ke-8 Black Sheep berkolaborasi dengan Hill AFB, Utah mengecat F-16 dengan warna hitam matte yang membuatnya terlihat ramping.

Warisan tradisional dan skema cat skadron ini mencerminkan garis keturunan tempur dari unit masing-masing untuk menghormati dan merayakan sejarah serta tradisi unit tempat mereka berada.

“Black Sheep adalah salah satu unit tempur Holloman yang menerbangkan F-117 Nighthawk,” kata Mayor Angkatan Udara AS Daniel Thompson, Pilot Instruktur Skadron Tempur ke-8.

Secara keseluruhan, kombinasi warna abu-abu gelap dan terang, serta tanda khas skadron bergambar kambing, memberikan tampilan unik pada pesawat ini.

F-117 dipindahkan ke Holloman pada tahun 1992 dan Skadron Tempur ke-8 kemudian menerbangkannya dalam misi berani dengan dukungan minimal di lingkungan dengan ancaman tinggi selama lebih dari 25 tahun.

Mereka juga memainkan peran penting dalam mengintegrasikan Nighthawk ke dalam kemampuan operasional Angkatan Udara AS, berkontribusi terhadap keberhasilan penempatannya dalam berbagai konflik.

Pesawat ini dikembangkan oleh Divisi Skunk Works Lockheed pada tahun 1970-an sebagai proyek rahasia dan terutama dirancang untuk menembus pertahanan anti-pesawat yang padat.

F-117 hampir tidak terlihat oleh deteksi radar dan mengusung teknologi canggih.

Performa pesawat ini menunjukkan kemampuannya dalam menyerang sasaran bernilai tinggi dengan akurasi tinggi sambil menghindari pertahanan musuh, jelas USAF.

Nighthawk secara resmi pensiun dari layanan aktif pada tahun 2008. Catatan tempurnya yang sukses membuka jalan bagi pengembangan pesawat siluman di masa depan dan telah mempengaruhi taktik dan strategi militer modern.

Pesawat ini memainkan peran penting dalam evolusi penerbangan militer sejak Perang Dunia II. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *