F-16 Blok 70 pertama Slowakia tiba di Pangkalan Udara Morris Air National Guard untuk pelatihan pilot

F-16 Viper SlowakiaLockheed Martin

AIRSPACE REVIEW – Pesawat F-16 Blok 70 pertama Slowakia tiba di Pangkalan Udara Morris Air National Guard (ANGB) di Arizona. Pangkalan ini adalah rumah bagi unit pelatihan pilot pesawat tempur F-16 utama Wing ke-162 Garda Nasional Udara, yang memberikan pelatihan kepada mitra tempur koalisi Angkatan Udara AS (USAF) dan sekutu internasional.

Departemen Angkatan Udara telah memilih Morris untuk menerima hingga sembilan F-16 Block 70 milik Slowakia. Pesawat pertama tiba di pangkalan tersebut pada 13 Juni, kata USAF dalam pernyataannya.

“Saat Angkatan Udara Slowakia mempersiapkan pangkalan udaranya untuk menerima F-16 Block 70 yang baru diperoleh, ditentukan bahwa lokasi paling menguntungkan untuk menempatkan pesawat pertamanya adalah Morris ANGB,” kata Kolonel Thomas Obrochta, Komandan Grup Operasi ke-162.

“Ini akan memungkinkan pilot F-16 Slowakia pertama untuk berlatih dengan pesawat mereka sendiri sebelum mengirimkannya ke negara asal mereka.”

Selain pengiriman awal F-16 Slowakia ke Morris ANGB untuk pelatihan, dua jet tambahan akan tiba di Slowakia akhir musim panas ini untuk mulai beroperasi di negara tersebut. Pesawat-pesawat tersebut akan menjadi F-16 Viper pertama yang beroperasi di Eropa.

F-16V akan menggantikan pesawat tempur MiG-29 Fulcrum Angkatan Udara Slowakia yang sudah usang.

“Proses seleksi jet tempur baru dimulai pada tahun 2015,” kata Kolonel Adolf Ulicny, Pejabat Penghubung Luar Negeri Slowakia. Versi terbaru F-16 Block 70 menawarkan kemampuan yang tak tertandingi, lanjutnya.

F-16 Block 70 dilengkapi dengan radar kendali senjata APG-83 Active Electronically Scaned Array (AESA) yang canggih, Center Pedestal Display resolusi tinggi. Radar ini memberikan citra taktis penting kepada pilot dan memungkinkan mereka memanfaatkan sepenuhnya AESA, data pod penargetan, dan senjata canggih.

integrasi dan perpanjangan umur struktural hingga 12.000 jam atau lebih dari 50 persen melebihi produksi pesawat F-16 sebelumnya.

Kader awal pilot F-16 Slowakia telah berlatih di Morris AFB selama dua tahun terakhir. Mereka menjalani kursus dasar awal yang meliputi taktik udara ke udara dan udara ke darat. Sejauh ini sudah ada 11 pilot yang dilatih untuk F-16 Block 70.

Akuisisi pesawat F-16 Block 70 untuk modernisasi Angkatan Udara Slowakia bertujuan untuk memperkuat kemampuan, kapasitas dan kompetensi pertahanan Slowakia, memperkuat operasi pertahanan bilateral dan meningkatkan interoperabilitas dengan pasukan AS dan NATO.

Beberapa F-16 Block 70 milik Slowakia akan ditempatkan sementara di Amerika Serikat selama tahun fiskal 2026 di Wing ke-162, sementara yang lain mulai beroperasi di Slowakia pada akhir tahun ini. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *