Kapal patroli masa depan Penjaga Pantai Rusia akan didasarkan pada korvet rudal kelas Karakurt Proyek 22800

Korvet rudal kelas KarakurtMoD

AIRSPACE REVIEW – Industri perkapalan Rusia saat ini tengah mengembangkan kapal patroli baru menggunakan korvet kelas Karakurt sebagai platformnya.

Galangan kapal Leningrad Pella dan Biro Desain Kelautan Pusat Almaz tengah mengerjakan proyek ini untuk Penjaga Pantai dari Dinas Perbatasan FSB Rusia, Tehnoomsk melaporkan pada 28 Juni 2024.

Proyek ini memanfaatkan desain yang sudah ada dari korvet rudal kelas Karakurt atau Proyek 22800.

Kapal patroli canggih ini berukuran panjang sekitar 67 m dan memiliki bobot 650 ton, menampung 40 awak kapal. Dirancang untuk melakukan misi tempur dengan kecepatan melebihi 30 knot (lebih dari 55 km/jam) dan memiliki otonomi operasional hingga 30 hari.

Persenjataannya akan mencakup sistem pertahanan udara Resurs 3K96-3E, dan dudukan artileri universal 100 mm.

Lalu dua sistem artileri 30 mm enam laras, dua senapan mesin 12,7 mm, peluncur granat DP-64, dan sistem pengacau KT-216.

Mengenai korvet kelas Karakurt, mulai diperkenalkan ke Angkatan Laut Rusia pada tahun 2018. Dirancang oleh Biro Desain Kelautan Pusat Almaz.

Kelas Karakurt dibuat untuk melengkapi korvet kelas Buyan-M Proyek 21631, yang dioptimalkan untuk perairan dangkal seperti Laut Kaspia dan sungai-sungai besar di Rusia. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *