AS telah memberi Israel 14.000 bom Mk-84 dan ribuan bom lainnya serta rudal sejak dimulainya Konflik Gaza – Reuters

Bom MK-84_ USAFUSAF

WASHINGTON (Sputnik) – Amerika Serikat telah mengirimkan puluhan ribu bom dan rudal ke Israel sejak dimulainya operasi militer Israel di Gaza Oktober lalu, Reuters melaporkan mengutip dua pejabat AS.

Laporan tersebut merinci, di antara senjata yang dikirimkan termasuk 14.000 bom MK-84 seberat 2.000 pon, 6.500 bom seberat 500 pon, 3.000 rudal udara ke darat berpemandu presisi Hellfire, 1.000 bom penghancur bunker, dan 2.600 bom berdiameter kecil yang dijatuhkan dari udara.

Amerika Serikat belum melakukan perubahan signifikan apa pun yang akan membatasi tingkat dukungan militer AS yang diberikan kepada Israel, tambah laporan itu.

Seorang pejabat AS pada hari Rabu mengatakan kepada wartawan bahwa AS telah mengirim senjata ke Israel senilai 6,5 miliar dolar AS.

Pemerintahan Biden saat ini kembali akan mengirim paket bom Mk-84 ke Israel. Namun Washington masih menimbang rencana tersebut di tengah kekhawatiran bahwa Israel akan menggunakannya di wilayah padat penduduk di Rafah.

Israel dilaporkan akan membutuhkan banyak bom jika terjadi konflik yang lebih dalam dengan Hizbullah di perbatasan utaranya dengan Lebanon. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *