Ukraina kerahkan CB90, kapal lapis baja berkecepatan tinggi untuk melawan pasukan Rusia di Laut Hitam

Kapal lapis baja UkrainaTSN

AIRSPACE REVIEW – Ukraina telah mengakuisisi tiga kapal serbu amfibi lapis baja berkecepatan tinggi, CB90. Secara resmi kapal ini telah diintegrasikan ke dalam persenjataan militer mereka baru-baru ini.

Pengadaan tiga kapal perang kecil senilai 165 juta UAH ini atas inisiatif lembaga “Steel Front” yang dipimpin oleh pengusaha Ukraina Rinat Akhmetov.

CB90 ini dikembangkan oleh perusahaan Swedia Dockstavarvet, dikenal dengan keserbagunaan dan kinerjanya yang tinggi.

Dapat diandalkan dalam berbagai peran maritim, termasuk operasi amfibi, pengawasan, dan sebagai kapal pendukung tembakan dan patroli.

CB90 dirancang untuk penyebaran cepat dan kemampuan manuver yang tinggi di perairan dangkal sekalipun. Kapal mampu membawa hingga 21 marinir dan muatan hingga 4,5 ton kargo.

Dipersenjatai dengan pilihan persenjataan canggih termasuk senapan mesin, peluncur granat otomatis, hingga rudal antikapal.

Dilaporkan, pasukan Ukraina telah dilatih secara menyeluruh untuk mengoperasikan kapal canggih ini, memastikan mereka sepenuhnya siap untuk melaksanakan misi tempur.

Penggunaan CB90 di Laut Hitam oleh Angkatan Laut Ukraina sangat penting dalam konteks konflik dengan Rusia, karena wilayah perairan ini mewakili medan strategis untuk operasi militer dan perdagangan. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *